Advertisement
Berita Sepak Bola Bola Dunia Piala Dunia

Beratnya Tugas Gareth Southgate Mendongkrak Performa Skuad Inggris

Kamis kemarin, Inggris menelan kekalahan saat menghadapi Kroasia di babak semi final Piala Dunia 2018. Namun pelatih Inggris Gareth Southgate sempat mengungkapkan pendapatnya tentang performa Harry Kane, timnya dan juga harapannya untuk menghadapi Belgia merebut peringkat ketiga di turnamen ini. Pasalnya akan sulit mendongkrak performa skuadnya karena kekalahan itu.

Harry Kane vs Kroasia

Southgate pun mengungkapkan pendapatnya tentang kapten kesebelasaanya yang gagal mencetak angka lagi saat menghadapi Kroasia. Ia mengatakan, “Saya pikir dia benar-benar diberikan segalanya untuk tim,”.

Gareth Southgate dan Harry Kane berpelukan saat kalah menghadapi Kroasia di Piala Dunia 2018

“Saya pikir sekarang adalah saatnya bagi kita untuk menjadi kuat sebagai kelompok dan meluangkan waktu untuk merefleksikan kinerja sedikit selama beberapa hari mendatang. Dia kapten tim dengan cemerlang selama turnamen dan saya tidak bisa meminta lebih banyak darinya.”.

Inggris di Piala Dunia 2018

Memang kompetisi ini bisa dibilang penampilan terbaik timnas sepak bola Inggris di turnamen besar terutama sejak Southgate menjadi bagian dari tim yang mencapai semi-final di Euro ’96. Pasalnya Inggris memiliki skuad yang paling tidak berpengalaman dalam pertandingan besar, tetapi Southgate mampu mengatasi hal ini, melampaui harapan tipis yang diprediksi oleh banyak pihak.

“Kami semua merasakan kepedihan karena kekalahan. Apakah kami berharap berada di posisi ini? Saya tidak berpikir secara realistis bahwa kami semua dapat melakukannya. Namun ketika Anda sampai ke titik ini, dan kami telah bermain sebaik yang kami miliki. Anda ingin mengambil peluang itu dalam hidup.”

“Pada waktunya akan ada banyak hal positif untuk diambil,” tambahnya. “Sangat sulit untuk memasukkan itu ke dalam konteks berfikir banyak pihak dan sedikit terlalu cepat, karena saya pikir Anda harus sedikit menderita. Terlalu mudah untuk bergerak cepat.”

Inggris vs Belgia

Inggris akan kembali berjuang menghadapi Belgia untuk memperebutkan tempat ketiga dalam turnamen ini. Rencananya mereka akan menghadapi tim yang dikalahkan Prancis pada hari Sabtu mendatang pukul 21.00 WIB.

Gareth Southgate menguatkan hati timnas Inggris setelah menelan kekalahan hadapi Kroatia di Piala Dunia 2018
Gareth Southgate menguatkan hati timnas Inggris setelah menelan kekalahan hadapi Kroatia di Piala Dunia 2018

“Jujur adalah ini bukan permainan yang ingin dimainkan oleh tim mana pun. Namun Kami memiliki dua hari untuk mempersiapkan ini dan kami akan ingin memberikan kinerja kebanggaan besar. ”

Ia  menambahkan, “Tentu saja itu akan menjadi tugas yang sangat sulit selama 24 jam ke depan, untuk membuat mental semua orang kembali ke seperti semula. Itu akan menjadi tantangan [besar bagi kami]. “.

Memang benar apa yang diungkapkan oleh Gareth Southgate bahwa ia akan sulit membangkitkan semangat timnya gagal menuju final Piala Dunia 2018 itu. Namun Ia masih memiliki kesempatan terakhir untuk meningkatkan performa Harry Kane dan timnya agar bisa menghadapi Belgia merebut peringkat ketiga di turnamen ini. Walaupun Southgate takkan mendapatkan pujian secara bombastis, namun ia masih bisa menyelamatkan kebanggaan negaranya.