Berita Sepak BolaBola DuniaBursa PemainLiga InggrisLiga Lain

Bek Tengah Berkualitas Yang Pernah Dijual PSG

David Luiz saat masih membela PSG

Sebelumnya telah diungkap empat striker handal yang pernah dilepaskan PSG sejak mereka diambil alih oleh Oryx Qatar Sports Investments (QSi). Dan kali ini giliran kami ingin mengungkapkan bek berkualitas yang pernah dijual PSG. Apakah salah satunya tebakan anda?

David Luiz

Ya, PSG berhasil mendatangkan David Luiz pada musim panas 2014 lalu dari Chelsea dengan tebusan 50 juta poundsterling. Tentu jumlah tersebut merupakan nilai tebusan yang sangat tinggi untuk seorang bek, bahkan sempat menjadi rekor dengan tebusan termahal saat itu. Namun catatannya telah dikalahkan oleh John Stones dan Benjamin Mendy saat direkrut Manchester City, dan juga Virgil Van Diijk saat beralih menuju Liverpool.

David Luiz saat masih membela PSG

David Luiz saat masih membela PSG

Dengan performanya saat itu, ia memainkan 89 pertandingan untuk PSG dalam dua musim. Ia bahkan mencetak 8 gol dan membantu timnya memenangkan tujuh trofi saat timnya diasuh oleh Laurent Blanc. Namun akhirnya ia memilih untuk kembali lagi ke Chelsea, klub sebelum ia direkrut PSG. Saat itu ia ditebus dengan harga yang lebih murah sekitar 24 juta poundsterling.

Selain itu, ia juga dinobatkan dalam Ligue 1 Team of the Year dalam dua musim secara beruntun. Ia pun juga disebutkan dalam PFA Team of the Year, setelah musim yang mengesankan saat membantu Chelsea memenangkan gelar liga. Sayang, di musim keduanya, karirnya hancur bersamaan karir Antonio Conte saat itu karena ia jarang dimainkan bahkan tercatat hanya 10 laga saja di Premier League. Dn kini ia berusaha lagi dibangkitkan oleh pelatih barunya, Maurizio Sarri yang menggunakan formasi 4-4-2.

Mamadou Sakho

Sakho merupakan pemain di tim utama di PSG jauh sebelum kedatangan pemilik baru. Bahkan ia sebenarnya pemain jebolan akademi mereka yang dipromosikan ke tim utama pada tahun 2007 lalu. Ia pun menjadi kapten termuda dalam sejarah PSG saat berusia 17 tahun dan 8 bulan, dan hingga kini ia masih memegang rekor tersebut.

Mamadou Sakho saat beraksi mengontrol bola di PSG

Mamadou Sakho saat beraksi mengontrol bola di PSG

Setelah peralihan saham klub, Sakho tetap menjadi kapten klub namun di paruh kedua musim 2011/12, ia kehilangan tempatnya karena performanya buruk. Ditambah kedatangan Thiago Silva pada musim panas 2012, waktu bermainnya pun berkurang lebih banyak lagi.

Akhirnya ia memutuskan pergi menuju Liverpool pada musim panas 2013 dimana Brendan Rodgers masih mempercayai bakatnya. Namun sayangnya ia mengalami musim buruk dan digantikan oleh Jurgen Klopp pada musim panas 2015 lalu.  Sayang setelah sempat dipuji performanya oleh pelatihnya, ia memiliki masalah dengan dopping, tak patuh pada Klopp, dan lainnya. Akhirnya ia pun dihukum tidak dilibatkan lagi di tim utama.

Ia pun akhirnya dipinjamkan menuju Crystal Palace pada tahun2017 lalu namun karena performanya baik untuk mereka, akhirnya ia dipermanenkan dengan tebusan sebesar 24 juta poundsterling, belum termasuk bonus.

Demikianlah dua bek bek berkualitas yang dijual PSG, yang sangat disayangkan mereka menjualnya saat itu. Seandainya mereka mampu mempertahankannya, mereka tak perlu melakukan pencarian lagi dan mengeluarkan dana besar untuk posisi tersebut.