Berita Sepak BolaBola DuniaBursa PemainLiga JermanLiga PrancisProfil Pemain

Bayern Lepaskan Bernat dan Pertahankan Boateng

Jerome Boateng Bayern Munich tak jadi direkrut PSG

Bayern Munich telah mengungkapkan bahwa mereka tak ingin melepaskan pemain bertahan mereka yaitu Jerome Boateng, yang diincar oleh raksasa Liga Prancis, Paris Saint Germain. Meskipun demikian, mereka telah merelakan bek lainnya pergi menuju klub yang sama, di penghujung penutupan bursa tansfer musim panas ini yaitu Juan Bernat.

Jerome Boateng dan Bayern Munich

Boateng merupakan pemain jebolan akademi Hertha Berlin SC, dimana pada tahun 2006 lalu ia dipromosikan ke tim cadangan mereka dan tak lama kemudian dilibatkan ke tim utama. Namun pada musim panas 2007, ia diboyong oleh rivalnya Hamburger SV degnant ebusan 1,1 juta euro.  Ia pun mengalami kesuksesan bersama klub barunya, menjadi pesaing gelar juara Bundsliga 2008-09. Bahkan ia pun berhasil dilibatkan oleh timnas Jerman, dan masuk ke tim inti untuk bertarung di Piala Dunia 2010.

Namun setelah menghasilkan 113 penampilan selama tiga musim, ia direkrut oleh Robert Mancini untuk membela Manchester City pada musim panas 2010 dengan tebusan 10,4 juta poundsterling. Namun musim pertamanya, ia mengalami cedera dan akhirnya membuat menit bermainnya berkurang. Ia pun akhirnya memilih untuk meninggalkan City, dan ingin bermain secara reguler.

Bayern pun menyabutnya dan memboyongnya dengan tebusan 13,5 juta euro. Dan hingga kini ia menjadi salah satu pemain penting bagi klub walaupun tiga tahun terakhir ia tak memiliki rutinitas di Bundesliga karena diselingi cedera di setiap musim. Meskipun demikian, performanya dilapangan tak diragukan lagi, bahkan PSG mengincarnya.

Jerome Boateng Bayern Munich tak jadi direkrut PSG

Jerome Boateng Bayern Munich gagal pindah ke PSG

Boateng sempat mengungkapkan betapa dekatnya dia untuk beralih klub dan ia mengatakan kepada media WELT “Memang ada pembicaraan dengan Paris, itu bukan rahasia lagi. “.

“Proyek itu menarik, pembicaraan dengan Thomas Tuchel sangat bagus. Namun itu bukan berarti bahwa saya tidak berkomitmen dengan Bayern lagi. Saya memiliki tujuan besar dan akan terus melakukan segalanya untuk klub. Seperti yang selalu saya lakukan selama ini.”.

Namun kesepakatan itu tidak terjadi dimana PSG berjalan menjauh setelah melihat Bayern menaikkan harga permintaan mereka. Memang jawara La Liga itu telah mempersiapkan dana untuk transaksi itu, namun tidak sebesar 50 juta euro, apalagi dengan kebijakan Financial Fair Play yang hampir diambang batas.

Juan Bernat dan Paris Saint Germain

Hal ini dimanfaatkan Bernat, dan menawarkan diri untuk bergabung bersama PSG dan gayung pun bersambut dimana PSG juga berminat kepadanya dan akhirnya mereka menebusnya  dengan nilai 13 juta poundsterling d akhir Agustus ini.

Bernat, yang mengawali karirnya di Valencia  direkrut oleh Bayern pada musim panas 2014 lalu, dengan tebusan 10 juta euro selama lima tahun. Walaupun sering menjadi pemain cadangan namun keberadaannya di tim sangat menguntungkan pelatihnya dimana ia bisa diandalkan walaupun jarang menjadi starter. Tercatat ia anya menjalankan 113 pertandingan kompetitif untuk klubnya,memenangkan empat gelar Bundesliga dan mencetak lima gol.

Juan Bernat Bayern Munich resmi menjadi pemain PSG

Juan Bernat Bayern Munich resmi menjadi pemain PSG

Ia pun mengungkapkan perasaannya yang dituliskan di situs resmi klub barunya dan mengatakan, “Saya sangat bangga bisa bergabung dengan Paris Saint-Germain,”,

“Setelah debut saya di Spanyol dan pengalaman saya di Jerman, saya akan menemukan negara baru dan, di atas segalanya, [saya menemukan] klub baru yang telah membuat peningkatan spektakuler dalam beberapa tahun terakhir. Paris Saint-Germain dikenal di seluruh Eropa, dengan pemain kelas dunia. “.

Diketahui salah satu keputusan Bernat lainnya karena adalah pelatihnya yaitu Thomas Tuchel, yang pernah mengasuh Borussia Dortmund , lawan tangguh timnya. Ia pun mengatakan,

“Saya juga ingin bekerja di bawah Thomas Tuchel, yang karyanya di Jerman luar biasa. Saya benar-benar bersemangat untuk mengambil langkah berikutnya dalam karir saya bersama Paris.”.

Mungkinkah Bayern masih mampu bersaing di Liga Champions dan liga lainnya dengan melepaskan Juan Bernat dan tetap mempertahankan Boateng? Masihkah ada pengganti lini belakang mereka yang bagus seperti bek asal Spanyol itu? Akan menarik untuk melihat masa depan Bernat di PSG untuk mendapatkan menit bermain yang lebih dibandingkan di Bayern Munich.