Advertisement
Liga Spanyol

Barca Sempat Nyaris Rekrut David Silva

david SilvaGelandang Manchester City, David Silva ternyata pernah hampir bergabung bersama Barcelona sebelum memperkuat The Citizens pada musim panas tahun 2010 silam. Hal tersebut diungkapkan oleh manajer City, Josep Guardiola.

Guardiola mengaku pernah diberi saran untuk merekrut Silva dari Sevilla. Saran ini langsung datang dari manajer Sevilla saat itu, Unai Emery. Namun pada akhirnya, Los Cules tidak bisa mewujudkan saran dari Emery, yang saat ini sudah pindah ke Paris Saint-Germain.

“Saya masih ingat saat saya masih menjadi pelatih Barcelona, Unai Emery ada di sana dan usai laga berakhir, dia langsung mendatangiku dan berkata, ‘David Silva adalah pemain cocok untuk Anda, Barcelona. Percayalah dia adalah pemain yang cocok untuk Barcelona’,” ungkap Guardiola seperti yang dilansir dari Soccerway, Senin (10 April 2017).

“Unai Emery sama sekali tidak berbohong kepada saya. David Silva adalah pemain yang luar biasa. Ini tidak hanya soal kualitas yang dia punya. Dia sangat mahal, benar-benar sangat mahal.”

Walaupun pada akkhirnya gagal mendatangkan Silva ke Camp Nou pada waktu itu, Guardiola kini dapat melatih pemain sayap Tim nasiona Spanyol itu di Manchester City. Dia pun memberi pujian atas kualitas yang dimiliki oleh pemainnya itu.

“Saya tidak pernah berhenti berkata pada dia, ‘Anda harus mencetak gol!’ Karena jika Silva mencetak gol, dia akan membuat sesuatu yang mungkin Anda tidak pernah bayangkan. Dia benar-benar punya sesuatu yang lengkap, dia seorang pesaing dan segala sesuatu,” ucap Guardiola.

“Dia punya sesuatu yang spesial dalam dirinya, lebih dari sekedar penghargaan. Dia punya rasa hormat dari semua rekan satu tim dan pelatihnya. Itu adalah hal yang paling penting dari seorang pemain.”

Guardiola menilai jika Silva mirip dengan dua mantan pemainnya selama di Barca, yakni Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. “Saya merasa sangat beruntug karena pernah memiliki pemain-pemain hebat seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan sekarang David Silva. Mereka bertiga adalah pemain yang sangat luar biasa,” pungkasnya.