Berita Sepak BolaBola DuniaLiga SpanyolProfil Pemain

Andre Silva, Pengganti Cristiano Ronaldo di La Liga

Andre Silva akan menjadi penerus Cristiano Ronaldo di La Liga dan timnas Portugal

Walaupun Cristiano Ronaldo telah beralih menuju Juventus, namun diyakini bahwa rekan senegaranya yaitu Andre Silva, akan menggantikan aksinya di La liga. Bagaimana tidak, walaupun ia merupakan pemain pinjaman dari AC Milan, namun striker muda yang kini membela Sevilla itu mampu merobek gawang raksasa liga Spanyol Real Madrid, bahkan sampai dua kali.

Profile Andre Silva

Pemain bernama lengkap André Miguel Valente da Silva itu mengasah dirinya pada usia delapan tahun di beberapa akademi sepak bola di Portugal seperti SC Salgueiros, Boavista FC, Padroense FC dan terakhir di FC Porto. Ia pun dipromosikan di tim cadangan Porto pada tahun 2013 dan mulai sering dilibatkanpada tahun 2015 lalu. Hasilnya, ia mencatat 24 gol dari 85 pertandingan bersama tim cadangan Porto dan 24 gol dari 58 pertandingan bersama tim utama Porto.

Andre Silva saat masih membela FC porto

Andre Silva saat masih membela FC porto

Hal ini membuat AC Milan tertarik untuk memboyongnya sebesar 38 juta euro, dan mengenakan nomor 9 sebagai pengganti Gianluca Lapadula yang menuju Genoa. Sayangnya musim perdananya tak begitu mulus, dimana dalam 24 pertandingan di Serie A ia hanya mencetak dua gol. Meskipun demikian, ia menambahkan catatan delapan gol lagi saat dimainkan di 16 pertandingan di kompetisi lainnya.

Pada bulan Agustus kemarin, Sevilla memboyongnya dengan status pinjaman, yang disertai opsi pembelian sebesar 35 juta euro. Dan ternyata ia tampil mengesankan di klub barunya.

Andre Silva dan Sevilla

Di musim ini, Ia berhasil mencetak enam gol dari enam pertandingan yang meilbatkannya. Di laga perdana musim ini, ia mencetak Hattrick menghadapi Rayo Valecano, sebuah gol menghadapi Levante, dan yang mengejutkan adalah dua gol saat menghadapi Real Madrid. Tentu takkan mudah menjebol gawang dari jawara Liga Champions tiga kali secara beruntun itu, terutama dengan usianya yang masih muda, dan tak memiliki banyak pengalaman.

Andre Silva saat membela Sevilla mengalahkan Real Madrid dengan skor 3-0

Andre Silva saat membela Sevilla mengalahkan Real Madrid dengan skor 3-0

Andre Silva dan Julen Lopetegui

Entah apa yang menjadi tujuannya saat cemerlang menghadapi Madrid, karena ada yang berpendapat bahwa dirinya ingin menunjukkan kemampuannya kepada klubnya di Italia, dan juga terhadap mantan pelatihnya Julen Lopetegui. Memang kedua pasangan itu sempat menjalin kerja sama di Porto pada tahun 2014-16 namun saat itu ia tidak melihat Silva mencetak gol liga di bawah asuhannya. Lopetegui lebih memilih Vincent Aboubakar dan Dani Osvaldo untuk dimainkan secara rutin namun Silva akhirnya menemukan karirnya sendiri saat ini.

Andre Silva dan Cristiano Ronaldo

Pemain bintang Portugal yaitu Cristiano Ronaldo, tak heran akan performanya bahkan ia menyebut Silva sebagai pewarisnya di tingkat internasional. Ia mengungkapkan kepada Gazzetta dello Sport pada 2017 dan mengatakan, “Ketika saya pensiun, Portugal akan berada di tangan yang baik karena mereka telah menemukan striker hebat; Andre Silva,”.

Andre Silva akan menjadi penerus Cristiano Ronaldo di La Liga dan timnas Portugal

Andre Silva akan menjadi penerus Cristiano Ronaldo di La Liga dan timnas Portugal

Ia pun sempat mencetak sebuah gol di pertandingan terakhir Portugal di kompetisi UNL, menghadapi Italia. Bahkan catatan gol Silva lebih baik dibandingkan dengan Ronaldo dalam 28 pertandingan terakhir. Silva mencetak 13 gol sementara Ronaldo hanya mencetak sembilan gol.

Namun apakah Andre Silva akan menjadi pengganti Cristiano Ronaldo di La Liga dalam waktu dekat, seperti yang ia lakukan bersama timnas Portugal saat ini? Akan menarik untuk melihat performanya hingga akhir musim dan seberapa kuat ia mampu konsisten menunjukkan bakatnya.