Berita Sepak BolaBola DuniaPiala DuniaSerba Serbi

7 Rekor Piala Dunia FIFA Brasil Yang Sulit Tergantikan Oleh Timnas Lain

Pendukung setia Brasil di berbagai kompetisi termasuk Piala Dunia

Banyak penggemar sepak bola baik pakar atau pun awam, memilih Brasil sebagai timnas favorit dalam kompetisi apapun. Memang wajar karena saat ini mereka memiliki tim yang sangat baik bahkan sebagian besar dari mereka, menjadi pemain bintang di klubnya masing-masing. Namun  tahukah anda bahwa Brasil telah memiliki beberapa rekor prestisius di Piala Dunia dan beberapa di antaranya mungkin tidak pernah tergantikan hingga saat ini? Dan Inilah catatan baik Brasil tersebut.

Pendukung setia Brasil di berbagai kompetisi termasuk Piala Dunia

Pendukung Brasil di Piala Dunia

7. Timnas dengan penampilan terbanyak dan penampilan terbanyak secara berurutan di Piala Dunia.

Piala Dunia diadakan pertama kalinya sejak tahun 1930 dan Brasil merupakan satu dari 13 negara yang masuk di dalamnya. Menariknya, hingga 21 kali turnamen ini diadakan, mereka tak pernah absen satu kali pun, bahkan mereka selalu lolos dari babak kualifikasi, jika fase itu diadakan. Ini berarti mereka menjadi timnas dengan penampilan terbanyak di kompetisi Piala Dunia, dengan 21 kali.

Jika dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti turnamen ini sejak diselenggarakan pertama kali (diluar babak kualifikasi),  diketahui terdapat 79 negara yang berbeda yang tampil di Piala Dunia. Namun hanya satu negara yang berpartisipasi di setiap Piala Dunia hingga kini dan itu adalah mereka. Dengan demikian secara otomatis mereka adalah negara yang paling banyak tampil di Piala Dunia dan penampilan terbanyak secara berurutan di kompetisi tersebut, dimana Jerman paling banyak kedua dengan 19 kali tampil karena absen pada tahun 1930 dan 1950.

6. Timnas Dengan kemenangan beruntun terpanjang di Piala Dunia

Brasil telah sukses memenangkan Piala Dunia 2002 dan salah satu tim terbesar yang telah memainkan sepak bola dengan indah dimana saat itu mereka terdiri dari pemain-pemain hebat sepanjang masa seperti Ronaldo, Ronaldinho, Rivaldo, Cafu, Roberto Carlos termasuk Kaka walaupun ia hanya memainkan satu pertandingan sebagai pemain pengganti.

generasi emas pemain timnas Brasil

Ronaldo, Ronaldinho, Adriano, Rivaldo, Roberto Carlos, Kaká, Juninho (kiri ke kanan)

Saat itu mereka berhasil memenangkan tujuh pertandingan di Piala Dunia 2002 dan juga memenangkan empat pertandingan pertama Piala Dunia 2006 sebelum mereka takluk saat hadapi Prancis di perempatfinal. Dengan demikian, ia telah mencatatkan diri sebagai tim yang memiliki kemenangan beruntun mereka di Piala Dunia dengan 11 pertandingan, yang merupakan rekor satu-satunya di sepanjang masa. Tujuh kemenangan mereka di Piala Dunia 2002 juga membuat mereka sebagai timnas yang terbanyak dalam satu turnamen.

5. Timnas yang tak terkalahkan terpanjang di Piala Dunia

Brasil juga memegang rekor sebagai tim yang tak terkalahkan terpanjang di Piala Dunia, namun bukan dari di tahun 2002. Saat itu mereka memulai dengan pertandingan pertama mereka di Piala Dunia 1958 dan berakhir di pertandingan kedua Piala Dunia 1966, dimana Brasil memainkan 13 pertandingan tanpa kalah selama periode tersebut, dimana 11 diantaranya mereka meraih kemenangan. Tentu dengan hal tersebut mereka telah memenangkan dua Piala Dunia secara beruntun.

4. Timnas dengan gol terbanyak di Piala Dunia

Tentu dengan pencapaian mereka saat ini dimana mereka sebagai tim dengan jumlah pertandingan terbanyak di turnamen Piala Dunia, adalah wajar jika mereka menjadi timnas dengan gol terbanyak di Piala Dunia. Tercatat mereka unggul dengan 228 gol hingga kini, dimana Jerman mencetak 224 gol. Dan yang menariknya tujuh gol yang dicetak Jerman, dilakukan sekaligus saat menghadapi Brasil di putaran semi final Piala Dunia 2014 lalu. Hal ini akan bertambah tentunya karena Jerman telah kalah di babak penyisihan grup semntara Brasil masih melanjutkannya hingga kini.

3. Timnas yang selalu mencetak gol di tiap pertandingan secara beruntun terbanyak di Piala Dunia

Seperti yang diungkap sebelumnya, Brasil selalu disandingkan catatan baiknya dengan Jerman. Dalam kategori ini, brasil lebih unggul sebagai timnas yang mencetak setidaknya satu gol di Piala Dunia secara beruntun. Mereka mencetak gol di setiap pertandingan di Piala Dunia 1934, 1938, 1950 dan 1954 Piala Dunia (tidak ada Piala Dunia pada tahun 1942 dan 1946). Mereka setidaknya mencetak satu gol dan berakhir saat menghadapi Inggris di Piala Dunia 1958 dalam babak penyisihan grup kedua mereka yang berakhir dengan skor 0-0.

Tercatat selama menjalankan 18 pertandingan ini, Brasil mencetak 44 gol dan kemasukan 23 gol. Sementara rivalnya Jerman, memulai pada Piala Dunia 1934 dan berakhir di Piala Dunia 1962 setelah hasil imbang tanpa gol melawan Italia.

2. Timnas yang meraih kemenangan terbanyak di Piala Dunia

Dengan kemenangan mereka menghadapi Meksiko dalam Putaran 16 Piala Dunia ini, Brasil mencatat dirinya sebagai timnas yang meraih kemenangan terbanyak di Piala Dunia dengan 73 kali. Mungkin tepatnya hingga saat ini mereka telah meraih 73 kemenangan, 18 seri dan 17 kekalahan.

Tentu kesempatan mereka akan bertambah besar jika mereka mampu mengalahkan Belgia di perempat final Piala Dunia 2018 dan setelahnya. Jerman merupakan timnas kedua yang yang meraih kemenangan terbanyak kedua di Piala Dunia dengan 67 kali sementara Italia menempati posisi ketiga dengan 45 kali.

Brasil meraih lima kali kemenangan di turnamen Piala Dunia

Brasil meraih lima kali kemenangan di turnamen Piala Dunia

1. Timnas yang meraih piala terbanyak di Piala Dunia

Lagi-lagi hal ini menjadi wajar jika Brasil menjadi timnas yang meraih piala terbanyak di Piala Dunia karena keterlibatannya sejak awal di kompetisi ini dan ini membuat peluang mereka lebih besar. Dengan catat lima piala, mungkin akan bertambah lagi jika mereka berhasil menaklukan Belgia dalam babak perempat final yang akan diselenggarakan nanti malam dan memenangkan pertarungan antara Prancis atau Uruguay.

Tercatat Brasil menang Piala Dunia pertama mereka pada tahun 1958 dan pada tahun 1962, dimana mereka menjadi salah satu timnas yang berhasil mempertahankan gelar Piala Dunia mereka besama Italia. Pada tahun 1970, Brasil memenangkan lagi Piala Dunia ketiga namun membutuhkan 24 tahun untuk memenangkan Piala Dunia lagi dan dalam 1994. Delapan tahun kemudian di Piala Dunia 2002, Brasil memenangkan Piala Dunia kelima mereka.

Akan sulit mengalahkan salah satu rekor prestisius di Piala Dunia Brasil bahkan mungkin tidak pernah tergantikan dalam waktu dekat. Jadi wajar saja banyak penggemar sepak bola baik pakar ataupun awam, memilih Brasil sebagai timnas favorit dalam kompetisi apapun.