Berita Sepak BolaBola DuniaBursa PemainLiga InggrisLiga Italia

5 Rekor Transfer Terpecahkan Di Musim Panas Ini

Daley Blind Manchester United telah kembali pulang ke Ajax

Efek transfer Neymar masih terasa hingga ini, dimana ia telah memecahkan rekor sebagai pemain dengan nilai transfer termahal di dunia. Ia pun secara tidak langsung memberikan efek domino kepada rekan pemain sepak bola lainnya, yang memiliki nilai transfer yang meningkat pula. Bahkan diantaranya, telah tercatat sebagai pemain dengan nilai transfer yang memecahkan rekor baru di kategori lainnya. Berikut ini ada lima rekor transfer yang terpecahkan di bursa transfer musim panas ini.

5. Transfer paling mahal oleh klub Belanda – Daley Blind

Pemain jebolan akademi Ajax yang dipromosikan ketim utama pada tahun 2008. Setelah ia membantu klubnya meraih empat gelar juara Eredivisie, dan sebuah piala Johan Cruijff Shield, Ia kemudian direkrut Manchester United pada musim panas 2014 dengan tebusan sebesar 17,5 juta euro.

Ia pun sempat menjadi pemain yang diandalkan oleh Louis van Gaal namun keberadaannya mulai tergusur dibawah asuhan Jose Mourinho di musim ketiganya. Bahkan di musim lalu ia semakin tak terlihat perannya, dimana ia hanya dimainkan tujuh kali di Premier League, walaupun ada sepuluh tambahan di kompetisi lainnya. Dan karena dianggap sebagai beban, ia pun dilepaskan oleh kubu setan merah.

Daley Blind Manchester United telah kembali pulang ke Ajax

Daley Blind Manchester United telah kembali pulang ke Ajax

Meskipun demikian, Ajax masih merasa performa mantan pemainnya terbuang sia-sia dan akhirnya mereka memboyongnya kembali dengan tebusan 16,5 juta euro. Hal ini menjadikan Blind sebagai pemain termahal yang ditandatangani oleh klub Belanda, memecahkan rekor berusia 18 tahun yang dipegang oleh Mateja Kezman, sebesar 16,34 juta euro pada tahun 2000.

4. Pemain Afrika paling mahal – Riyad Mahrez

Pemain sayap asal Aljazair itu diboyong oleh Leicester City dari Le Havre,Prancis, pada tahun 2013 dan ditebus dengan nilai 500 ribu euro. Ia pun mampu membawa klubnya naik peringkat ke Premier League bahkan meraih gelar juara untuk pertama kali di Premier League pada tahun 2015-16 lalu. Ia juga rutin mencetak gol dimana ia telah mencek 28 gol dari 179 pertandingan yang melibatkannya.

Riyad Mahrez Leicester City berhasil direkrut oleh Manchester City

Riyad Mahrez Leicester City berhasil direkrut oleh Manchester City

Namun pada bursa transfer musim panas ini, ia telah direkrut Manchester City dengan tebusan 67,8 juta euro. Hal ini mengalahkan catatan Pierre-Emerick Aubameyang sebagai pemain Afrika paling mahal dimana saat itu menyelesaikan kepindahannya ke Arsenal pada bulan Januari seharga 63,75 juta euro. Hal ini juga mengalahkan catatan transfer klub pada bursa transfer Januari kemarin yaitu Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao, dengan tebusan 65 juta euro.

3. Penjaga gawang termahal – Kepa Arrizabalaga

Sebelumnya penjaga gawang termahal adalah Gianluigi Buffon dari Juventus (dalam poundsterling) dan Ederson dari Manchester City (dalam euro). Cukup membingungkan karena ini adalah perubahan nilai tukar. Namun, sekarang tidak ada kebingungan lagi tentang siapa penjaga gawang termahal di dunia dalam euro atau pound karena Kepa Arrizabalaga telah menyelesaikan kepindahannya dari Athletic Bilbao ke Chelsea dengan tebusan 78,8 juta euro atau 71 juta poundsterling, diluar bonus.

Kepa Arrizabalaga Athletic Bilbao telah beralih menjadi kiper Chelsea

Kepa Arrizabalaga Athletic Bilbao telah beralih menjadi kiper Chelsea

Hal ini mengalahkan catatan Liverpool yang mereka goreskan di bursa transfer musim panas ini, saat menebus Alisson Becker, dari AS Roma. Ia direkrut dengan tebusan sebesar 66,8 juta poundsterling atau 72,5 juta euro.

2 & 1 Transfer paling mahal oleh klub Serie A dan termahal untuk merekrut pemain berusia 30 lebih – Cristiano Ronaldo

Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus telah menjadi transfer terbesar dari bursa transfer sejauh ini. Hal ini dikarenakan ia direkrut ia ditebus dengan nilai 100 juta euro, memecahkan rekor yang dibuat oleh Gonzalo Higuain pada tahun 2016 saat dia pindah ke Juventus dari Napoli seharga 90 juta euro. Biaya ini merupakan jumlah terbesar yang dibayarkan Juventus bahkan jumlah tertinggi yang dibayarkan oleh sebuah klub di Serie A hingga saat ini.

Cristiano Ronaldo menjadi pemain dengan transfer termahal di Serie A dan termahal di usia 30 tahun lebih

Dan yang menariknya lagi saat ini Ronaldo berusia 33 tahun Juventus € 100 juta padahal Ronaldo ditebut 94 juta euro saat usianya 24 tahun ketika Real Madrid merekrutnya dari Manchester United. Mungkin rekor Ronaldo sebagai transfer paling mahal oleh klub Serie A akan bisa digeser kapan pun, namun sepertinya sulit untuk memecahkan rekor pemain dengan transfer paling mahal di usia 30 lebih. Jika pun ada mungkin jika suatu saat nanti Lionel Messi pindah dari Barcelona.

Baca juga : Tiga klub dengan pengeluaran terbesar di musim panas ini.

Demikianlah lima rekor transfer yang terpecahkan di bursa transfer musim panas ini. Mungkinkah dalam waktu dekat rekor ini akan terpecahkan lagi? Sepertinya hal ini bisa terjadi mengingat efek ‘transfer Neymar’ masih akan terasa hingga lima tahun kedepan, kecuali ada regulasi dari FIFA mengenai nominal transfer.