Advertisement
Berita Sepak Bola Serba Serbi

2019 Format Piala Afrika Menjadi 24 Tim

Sepakbola benua Afrika baru saja menggelar rapat besar dalam rancangan perubahan format Piala Afrika. Melalui konfederasi sepakbola Afrika atau biasa disingkat CAF telah memastikan perubahan format Piala Afrika akan resmi dilaksanakan pada musim 2019 mendatang.

Kini turnamen besar antar benua Afrika bisa diikuti oleh 24 peserta, artinya terjadi penambahan delapan tim dari format yang berlaku saat ini. Keputusan ini berdasarkan mufakat dari berbagai pihak termasuk simposium CAF yang digelar di Maroko sepanjang pekan ini.

Tak hanya penambahan tim saja, hasil rapat terbuka itu juga memutuskan bahwa penyelenggaraan turnamen digeser dari periode Januari-Februari menjadi Juni-Juli. Kepastian ini sejatinya memberikan dampak positif bagi klub-klub Eropa yang sering kali mengeluh soal pemain intinya yang harus absen ditengah-tengah liga.

Meski berdampak positif bagi klub Eropa, namun tetap saja beberapa pihak mempertanyakan keputusan yang sudah terjadi. Dimana mereka dituntut harus lebih selektif dengan mempertimbangkan suhu udara saat musim panas berlangsung.

Tak berhenti disitu saja, perubahan lain juga nampak dari penerapan sistem regional pada babak kualifikasi guna mengurangi konflik antar negara-negara Afrika Barat. Selain itu, CAF juga memutuskan turnamen antarklub seperti Liga Champions Afrika dan Piala Konfederasi CAF dimainkan sepanjang Agustus hingga Mei.

Kini perubahan akan terjadi, CAF berharap akan ada titik baru dalam sepakbola Afrika dan perubahan ini diyakini akan bertahan lama karena hampir semua klub dan negara-negara Afrika telah sepakat atas perubahan besar yang akan terjadi nanti.