Liga Champions

Zidane Anggap Madrid Memang Pantas Menang

Zinedine ZidanePelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, tidak mau memusingkan soal kontroversi yang mengiringi kelolosan timnya. Menurut Zidane, Madrid memang layak lolos karena mencetak gol lebih banyak ketimbang Bayern Munich.

Pada partai putraran kedua babak perempat final yang diselenggarakan di stadion Santiago Bernabeu, Rabu (19 April 2017) dinihari WIB, El Real berhasil mengalahkan The Bavarians dengan skor 4 – 2 melalui babak perpanjangan waktu.

Sempat tertinggal 1 – 2 di waktu normal 90 menit, Madrid tidak mencetak gol selama 2×15 menit. Menang 2 – 1 di putaran pertama pekan lalu, Cristiano Ronaldo dan rekan-rekannya lolos ke babak semi final dengan keunggulan agregat total 6 – 3.

Kelolosan tim ibukota Spanyol yang ketujuh kalinya secara berturut-turut ke babak semi final ini lantas mengundang protes dari kubu Bayern yang ramai-ramai memprotes keputusan wasit Viktor Kassai yang dinilai merugikan mereka.

Dua gol Madrid yang dibuat Ronaldo dinilai tidak sah karena dia berada dalam posisi offside sementara kartu merah Arturo Vidal tidak seharusnya diterimanya karena dia tidak melanggar Marco Asensio. Vidal pun terlihat mengamuk usai diusir oleh wasit.

Terkait protes yang dilayangkan oleh kubu Die Rotten tersebut, Zidane tidak ambil pusing karena timnya memang bermain lebih baik. Buktinya ada enam gol dibukukan oleh anak-anak asuhnya ke gawang Manuel Neuer.

“Saya tidak tahu soal penggunaan video replay. Kerja wasit sangat, sangat sulit, saya tidak ingin ikut campur. Mereka juga mengatakan bahwa gol kedua Bayern Muenchen itu offside. Seperti itulah sepakbola, menguntungkan kedua pihak,” ujar Zidane di Soccernet.

“Lebih dari kartu kuning kedua, atau gol offside, enam gol yang kami buat selama dua putaran membuat kami pantas menang dan lolos. Tidak ada keberuntungan dalam sepakbola, yang ada hanya kerja keras untuk menang, dan kami memenangi dua laga itu,” sambungnya.

Kegagalan ini merupakan eliminasi paling awal yang dialami oleh Bayern Muenchen di Liga Champions dalam lima musim terakhir. Sebelumnya, Robert Lewandowski dan rekan-rekannya setidaknya selalu mampu lolos ke babak semifinal.