Berita Sepak Bola Bola Dunia

Walau Menang, Belanda Gagal ke Piala Dunia

Belanda hanya bisa menjadi penonton di ajang Piala Dunia 2018. Hasil oke dengan skor 2-0 saat berhadapan dengan Swedia pada pertandingan terakhir kualifikasi tidak cukup untuk menolong kesempatan mereka bermain di putaran final.

Arjen Robben catatkan 2 angka untuk Belanda lewat laga yang berlangsung pada hari Rabu (11/10/2017) dinihari WIB di Amsterdam ArenA, Amsterdam. 2 angka yang diciptakan oleh kapten Oranje tersebut pada akhirnya hanya jadi cetak angka penghibur semata sebab tidak menjadi pengaruh kelolosan untuk timnya.

Sedari sebelum pertandingan dimulai, Belanda memang telah tidak lagi miliki kesempatan untuk lolos langsung ke putaran final. Satu-satunya peluang ialah lewat play-off, itu pula sangat tipis.

Untuk merebut posisi runner-up grup dari genggaman Swedia, Belanda perlu raih hasil oke paling tidak dengan skor 7-0. Syarat ini perlu terpenuhi sebab Swedia unggul dengan selisih 3 poin atas Belanda dan punya jarak cetak angka yang jauh lebih oke.

Namun, karena hanya raih hasil oke dengan skor 2-0, Belanda pada akhirnya finis di urutan 3 klasemen akhir Grup A dengan mengumpulkan 19 poin. Jumlah poin Belanda sama dengan yang dimiliki Swedia, namun Swedia miliki jarak cetak angka yang lebih mantap, yaitu +17 : +9. Swedia juga layak bermain pada babak play-off, sedangkan tiket lolos langsung diraih oleh Prancis yang menjadi juara di grup.

Bermain menyerang sedari awal, Belanda unggul dengan skor 1-0 dengan penalti yang dilakukan Robben pada menit 16. Penalti tersebut disusul handball Victor Lindelof di area penalti. Sepakan penalti Robben amat pelan dan mengarah ke tengah, namun cukup untuk membuat penjaga gawang Robin Olsen terkecoh.

Unggul 1 angka bikin Belanda makin gencar melancarkan serangan ke Swedia. Hasilnya, Robben kembali ciptakan angka di menit 40 dan membawa tim tuan rumah unggul dengan skor 2-0.

Pada awal babak kedua, Belanda mainkan Bas Dost dan menarik keluar Vincent Janssen. Mereka berupaya ciptakan 5 angka lagi ke gawang Swedia.

Namun, lewat semua usaha Belanda usai turun minum, tidak satu pun angka yang mereka ciptakan. Mereka pun perlu pasrah dan tak ikut ambil bagian di Piala Dunia.

Susunan Pemain
Belanda: Cillessen; Tete (Janmaat 71′), Van Dijk, Rekik, Ake; Wijnaldum (Klaassen 71′), Vilhena, Blind; Robben, Babel, Janssen (Dost 46′)

Swedia: Olsen; Lustig, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Claesson (Svensson 68′), Larsson (Olsson 81′), Johansson, Forsberg; Toivonen (Thelin 76′), Berg.