Liga Lain

Walau Menang, AS Roma Tetap Tersisih Di Liga Europa

AS Roma menang dengan skor 2-1 saat melawan Olympique Lyon di laga kedua babak 16 besar Liga Europa musim ini. Akan tetapi, hasil tersebut tidak lantas membuka jalan mereka ke babak selanjutnya.

Berhadapan dengan Olympique Lyon di Olimpico, Jumat (17/3/2017) dinihari WIB, AS Roma mengumpulkan agregat skor 2-4. Giallorossi tampil menggebu di laga ini. Tetapi, mereka justru kemasukan lebih dulu di menit ke-16 melalui Mouctar Diakhaby. Tapi, Roma dapat mengejar melalui Kevin Strootman.

Masuk ke babak kedua, Roma bermain dengan menekan dan Lyon mengutamakan kecepatannya dalam serangan balik. Usaha Roma berbuah manis pada menit ke-60, saat umpan dari Stephan El Shaarawy melah mengenai Lucas Tousart dan masuk ke tempat sendiri.

Laga berlangsung dengan sulit, di menit awal, Roma langsung tampil buas. Antonio Ruediger sempat hampir menyepakkan bola ke gawang lawan. namun dapat dicegah Anthony Lopes. Enam menit kemudian, Roma kembali bermain sulit. Lewat Bruno Peres yang kemudian dimainkan Salah, hanya saja Lopes bisa menghentikan bola di depan gawang.

Kesempatan datang dari Lyon pada menit ke-16 yang menghasilkan gol. Dari sepakan bebas, Mathieu Valbuena memberikan umpan pada Mouctar Diakhaby. Roma kemudian merespons melalui tendangan bebas dari De Rossi menuju Kevin Strootman.

Pada menit ke-21, Roma kembali menciptakan kesempatan walau masih melambung. Radja Nainggolan kemudian menciptakan dua kesempatan pada menit ke-29 dan ke-31. Lagi-lagi masih belum berhasil menjebol gawang lawan. Hingga usainya babak pertama, skor 1-1 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Roma sempat nyaris menciptakan gol, walau akhirnya gagal. Di menit ke-60, Roma mendapatkan gol kembali. Stephan El Shaarawy memberikan umpan menuju Christophe Jallet yang lalu mengenai Lucas Tousart dan masuk ke gawang sendiri.

Di sisi lain, Lyon memberikan respon. Jeremy Morel dapat melepas umpan yang digunakan Cornet. Walau kemudian melambung. Pada menit ke-77, terjangan Tolisso dari luar kotak penalti hampir berbuah gol. Tetapi, Alisson Becker dengan gesit menghentikan bola. Peluang demi peluang dapat diciptakan kedua tim ini, walau hingga laga usai tidak ada gol lain lagi.

  • Susunan pemain

AS Roma, yakni Alisson, Rudiger, Fazio, Manolas, Peres (El Shaarawy 59′), De Rossi (Totti 84′), Strootman, Mario Rui (Perotti 76′), Salah, Nainggolan, Dzeko.

Olympique Lyon, yakni Lopes, Jallet, Mammana (Yanga-Mbiwa 78′), Diakhaby, Morel, Tousart, Gonalons, Cornet, Tolisso, Valbuena (Rafael 91′), Lacazette (Fekir 84′).