Piala Dunia

Walau Kalah, Southgate Puas Dengan Performa Tim

Gareth Southgate mengaku puas dengan performa yang ditunjukkan oleh timnas Inggris walau gagal dari timnas Jerman di babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Dia hanya saja kecewa dengan hasil akhir timnya yang tidak berjalan dengan baik.

Timnas Inggris terpaksa harus kalah dari timnas Jerman dengan skor akhir mereka, 0-1 dalam laga uji coba yang dilaksanakan di Signal Iduna Park, pada Kamis (23/3/2017) dinihari WIB. Gol satu-satunya dari keberhasilan Jerman diciptakan oleh Lukas Podolski pada babak kedua.

Dalam laga itu, sang pelatih yang memulai debutnya membawa Inggris setelah Gareth Southgate resmi diangkat menjadi pelatih timnas yang terbaru. Dia menggunakan susunan skema 3-4-3. Skema itu menjadikan Inggris tampil lebih menakan dan dapat menahan laju permainan Jerman.

Memasuki babak awal, Inggris sempat mendominasi laga dan membuat beberapa kesempatan yang baik. Akan tetapi, penyelesaian di akhir yang tidak mulus menjadikan Inggris tak berhasil menciptakan gol. Selama berjalannya laga, hanya terdapat dua peluang on target dari sebelas sepakan dari Inggris yang menuju ke gawang.

Southgate pun mengungkapkan rasa bangganya dengan performa Inggris. Dia juga mengisyaratkan akan selalu memakai susunan itu di laga-laga mereka yang akan datang.

” Saya begitu senang dengan apa yang sama-sama kami pelajari, dan bersikap dengan baik dari performa kami. Hanya saja, performa di akhir laga tidak begitu baik. Kami harusnya dapat sukses dengan baik,” ¬†papar Southgate.

Southgate juga mengatakan bahwa dia menghargai performa dari timnya, yang banyak tampil secara bagus. Yang paling membuatnya terkesan adalah trik baru yang mereka coba, para pemain dapat melakukannya dengan kesungguhan dan sangat pas untuk pola permainan mereka.

” Skema permainan kami sangat cocok digunakan di tiap laga yang kami lakuakn. Kami tidak ingin kalah, namun di laga babak kualifikasi Piala Dunia 2018 ini, sangat penting untuk mengetahui dan lebih belajar lagi. Mencoba banyak hal, dan saya rasa kami sudah berbuat yang terbaik, dan berharaa pemain di timnas Inggris akan meneruskan perjuangan mereka nantinya, ” tutup Gareth Southgate.