Liga Inggris

Uji Kelayakan Seorang Virgil Van Dijk

virgil van dijkLiverpool bakal kedatangan tamu Manchester City pada lanjutan ajang Premier League pekan ini. Pertarungan itu bak jadi uji kelayakan Virgil Van Dijk sejak diboyong mahal-mahal oleh Liverpool.

Lini belakang The Reds masih gampang ditembus musim 2017/2018. Dari 22 berjalan, mereka telah kebobolan sebanyak 25 gol, atau jika rata-rata lebih dari satu gol per laganya.

Statistik kemasukan The Reds itu adalah yang terburuk di antara tim empat besar. Pasukan armada Jurgen Klopp itu baru melakukan sembilan clean sheet dari 22 pertandingan pada musim ini.

Untuk menyelesaikan masalah lini pertahanan, Van Dijk pun diboyong dari Southampton. Palang pintu internasional belanda diboyong dengna mahar super mahal, menyentuh angka 75 juta pound sterling.

Van Dijk telah memperlihatkan performa menjanjikan dalam partai debut bersama Liverpool. Dia membawa Si merah menang atas Everton pada babak ketiga Piala FA. Van Dijk juga mencetak gol kemenangan Liverpool 2-1.

Dampak kehadiran Van Dijk bagi Liverpool tentu sangat dinanti-nanti ketika mereka berhadapan dengan City di Anfield, Minggu (14/1/2018) pukul 23.00 malam WIB. Di pertemuan pertama lalu Liverpool harus rela dihujani lima gol oleh pasukan armada Pep Guardiola itu.

Van Dijk rupanya memiliki catatan kurang manis saat berjumpa City. Terdapat empat pertandingan yang dilakoni, seluruhnya ketika masih berseragam Soton. Hasilnya sekali menang, sekali imbang, dan dua kali tumbang. Dari periode ketika Van Dijk bermain menghadapi City itu jala The Saints selalu saja kejebolan.

Sementara itu performa si pemain bersama Soton musim ini juga masih kurang impresif. ketika bermain penuh, ia hanya bisa dua kali memberikan kemenangan bagi Soton, empat laga lainnya selesai imbang, dan lima kali menderita kekalahan.