Liga Italia

Totti Ogah Jadi Pelatih Setelah Pensiun

Fransesco TottiPenyerang veteran AS Roma, Francesco Totti sudah mendekati masa-masa pensiun dari dunia sepakbola profesional. Totti pun sudah punya rencana sendiri setelah pensiun nanti. Satu hal yang pasti adalah dia tidak akan menjadi seorang pelatih.

Totti saat ini sudah menginjak usia 40 tahun dan jadi pemain yang paling senior di Serie A saat ini. Sejak pertama kali tampil di debutnya pada tahun 1993, Totti sudah tampil di lebih dari 700 pertandingan bersama I Giallorossi.

Wajar jika banyak banyak yang bertanya kapankah mantan kapten tim nasional Italia itu akan gantung sepatu. Apalagi jam bermainnya di AS Roma sudah semakin sedikit, terutama di musim ini.

Dari 20 pertandingan yang dilalui Totti di seluruh kompetisi, hanya enam kali dia turun sebagai starter. Soal kariernya musim depan, Totti sendiri bakal membuat keputusan pada bulan Mei-Juni nanti. Tapi satu yang pasti adalah Totti tidak akan memilih profesi sebagai pelatih setelah pensiun nanti.

“Masa pensiun saya sudah semakin dekat, dan saya sudah berpikir tentang masa depan saya. Saya sudah hampir membuat keputusan akhir, tapi saya akan menunggu sampai bulan Mei atau Juni,” ungkap Totti seperti yang dilansir dari Soccerway.

“Satu hal yang bisa saya pastikan adalah saya tidak akan mengambil pekerjaan menjadi seorang pelatih, saya tidak mau berhadapan dengan pemain-pemain yang berumur 30 tahun. Para pemain di usia itu kadang-kadang tidak mau terbuka,” sambungnya.

“Saya punya tiga pilihan soal masa depan saya: terus bermain di lapangan ini, menjadi petinggi di AS Roma atau pensiun dari dunia sepakbola dan melakukan hal lain.”

“Tapi saya tidak menutup kemungkinan untuk mengambil profesi sebagai seorang agen, saya tahu soal sepakbola di luar lapangan tapi tidak banyak,” tutupnya.