Serba Serbi

Tiga Striker Paling Tajam Tahun 2017

edinson cavaniKendati menyandang status pemain terbaik versi FIFA, tidak berarti Cristiano Ronaldo dengan mudah menjebol jala lawan. Faktanya sampai saat ini dia masih sulit bikin gol bagi Real Madrid.

Pesepakbola asal Portugal itu telah bermain dalam enam pertandingan La Liga musim 2017/18, akan tetapi Ronaldo baru mampu menceploskan satu gol untuk El Real. Padahal Ronaldo sudah melepas 40 tembakan dengan hanya 12 tembakan tepat sasaran. Jika dirata-rata, akurasi tembakan Ronaldo hanya 39 persen.

Sementara itu ada tiga penyerang lain di liga top Eropa yang sangat mematikan dengan durasi bermain di bawah 1000 menit. Siapa saja mereka?

1. Ciro Immobile

Penyerang berkebangsaan Italia, Ciro Immobile, mulai mengenakan seragam Lazio pada musim panas 2016. Di musim keduanya, Immobile langsung menggebrak. Eks bomber Torino dan Borussia Dortmund telah mengkoleksi 14 gol dari 11 kali bertanding di Serie A hanya dalam durasi 976 menit. Si pemain juga sangat gesit di lapangan, terbukti ia berhasil melakukannya 11 kali dari 18 kesempatan.

2. Lionel Messi

Kepergian Neymar tak serta merta menyurutkan ketajaman Lionel Messi bersama Barcelona. Messi masih jadi andalan pelatih Ernesto Valverde untuk mencetak gol. Pesepakbola berusia 30 tahun tersebut tercatat telah mengumpulkan 12 gol dari 10 penampilan di La Liga dengan durasi bermain selama 900 menit. Messi pun jadi sosok paling kreatif di Barca. Ia membuat 23 peluang, tiga di antaranya berhasil menjadi gol. Akurasi umpan Messi pun sangat tinggi yakni 83 persen.

3. Edinson Cavani

Ujung tombak Paris Saint-Germain (PSG), Edinson Cavani pun tak kalah mematikan di kancah Eropa. Dirinya berhasil menceploskan 11 gol dalam 10 pertandingan dengan durasi 844 menit. Lebih hebatnya, total gol Cavani lebih tinggi ketimbang rekan setimnya sekaligus pemain termahal dunia, Neymar.