Berita Sepak Bola Liga Inggris

Tiga Pemain Muda Lulusan MU yang Gagal di Old Trafford

Manchester United awalnya merupakan klub yang gemar memperkenalkan pesepakbola muda dunia melalui Akademi mereka. Diantaranya adalah Ryan Giggs, David Beckham, Paul Scholes, hingga Phillip Neville yang sering disebut juga dengan nama Class 92.

Manchester United sukses dengan pesepabola muda dunia milik mereka bersama sang pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson. Sejumlah trofi populer mereka dapatkan dengan mengandalkan kekuatan dari para pemain lulusan akademinya.

Tapi, beberapa tahun ini, akademi The Red Devils sepertinya tidak dapat menghasilkan pesepakbola dunia lagi. MU lebih memilih untuk belanja pemain daripada melahirkan pemain muda andalan. Di bawah ini ada tiga pesepakbola muda lulusan akademi MU yang nyatanya gagal masuk ke tim inti dan harus keluar dari Old Trafford.

  1. Federico Macheda

Federico Macheda sempat menjadi pemain masa depan untuk United. Di musim 2008-2009 lalu, terjangan gol Macheda menolong MU meraih juara Liga Inggris di umurnya yang masih muda, 17 tahun.

Populer, Macheda menjadi pemain pinjaman ke Sampdoria dan mulai meredup. Hingga akhirnya dirinya banyak berpindah tempat ke banyak klub dengan status pinjaman dan cedera yang semakin memperburuk kondisinya.

Kontraknya usai di tahun 2014. Saat ini, Macheda bergabung dengan klub Serie B Italia, Novara di kota kecil daerah Turin.

  1. Danny Welbeck

Danny Welbeck juga menjadi lulusan terbaik akademi Manchester United. Welbeck bergabung dengan tim inti United di musim 2008-2014 lalu, dengan catatn 142 laag dan 29 gol. Berusia muda, dirinya menjadi andalan Sir Alex Ferguson.

Di musim 2014, MU kemudian melepasnya ke Arsenal demi Falcao. David Beckham mengaku sedih dengan keputusan tersebut. Selama di The Gunners, pemain ini menjalani musim yang baik hingga cedera mendekapnya. Walau begitu, Arsene Wenger masih yakin dengan kemampuan Welbeck.

  1. Adnan Januzaj

Pesepakbola muda dunia yang juga dilepas Manchester United adalah Adnan Januzaj. Pindah ke Real Sociedad dengan nilai 9,8 juta pounds (Rp 168,3 miliar). Kepindahannya menjadi kegagalan MU dalam memberi ruang bagi lulusan mereka.

Padahal Januzaj bersama David Moyes bermain dengan baik. Tapi, Moyes akhirnya hilang dari lapangan ketika Louis van Gaal menjadi pelatih tim. Setelah sering menjadi pemain pinjaman salah satunya ke Sunderland, pemain yang sempat berjuluk The Next Cristiano Ronaldo ini diyakini masih akan dapat menjadi pemain mematikan di usianya yang masih muda yakni 22 tahun.