Liga Inggris

Spurs Harus Siap Ditinggal Harry Kane

harry kaneHarry Kane mungkin tidak memerlukan gelar guna membuktikan kualitasnya. Akan tetapi Tottenham Hotspur disarankan mampu meraih trofi juara supaya bisa menjaga penyerangnya tersebut.

Kane adalah penyerang tumpuan Spurs di beberapa tahun belakangan. Pesepakbola berusia 24 tahun tersebut telah mengkoleksi 103 gol cuma dalam 171 pertandingan bersama The Lilywhites.

Kendati berhasil secara individu, Kane sulit meraih gelar. Tercatat dirinya baru menyabet trofi Piala Liga selama mengenakan jersey Spurs.

Beberapa waktu kemarin pelatih Mauro Pochettino menyebut Kane tidak membutuhkan trofi guna membuktikan kapasitasnya. Ungkapan tersebut secara langsung dikomentari mantan manajer Spurs, Tim Sherwood, yang menilai trofi malah dibutuhkan supaya Kane tak membelot ke tempat lain.

“Banyak sekali cara seseorang memperlihatkan loyalitasnya. Spurs merupakan klub yang cocok untuk Harry dan dia telah membayarnya sepuluh kali lipat. Dia amat fantastis di beberapa musim terakhir, dia membuat hentakan dan anak kecil mencintai klub ini,” Sherwood mengatakan di Sky Sports.

“Akan tetapi hal itu (loyalitas) akan memiliki batas. Dia bakal menyaksikan uang, Barcelona, Real Madrid, atau Mancester United dan setelah itu anda merubah pikiran.”

“Satu-satunya langkah untuk menjaga dia adalah memenangi trofi tahun ini. Mungkin bukan Piala Liga, bisa Premier League atau Piala FA,” Sherwood menambahkan.

Kane sendiri baru tanda tangan kontrak dengan bayaran sampai 90 ribu pound sterling per pekan sampai 2022, pada akhir tahun lalu. Daripada pemain-pemain besar di klub lain, gaji Kane bisa dibilang tak terlalu tinggi. Ini pun dikritik oleh Ian Wright.

“Mereka tak memposisikan Kane di posisi yang mana dia tidak memiliki pilihan disamping menendang bola (dengan memberi gaji besar), sederhana saja karena itulah yang mau dia lakukan,” legenda Arsenal itu mengatakan.

“Kami lihat dia melakukan wawancara di mana dia bilang ingin bermain di Liga Champions secara rutin dan memenanginya, kemudian meraih Ballon d’Or. Dia adalah pemain yang amat ambisius,” ujarnya.