Berita Sepak Bola Piala Dunia

Southgate Sebut Stones Selevel dengan Boateng dan Pique

Gareth Southgate dengan penuh keyakinan menyebut jika bek andalannya di timnas Inggris, John Stones sudah selevel dengan Jerome Boateng dan Gerard Pique. Dalam pandangan sang pelatih Stones akan menjadi bek terbaik Three Lions seiring berjalannya waktu.

Sempat menjalani karir sulit di Manchester City, Stones secara perlahan mulai menemukan bentuk performa terbaiknya. Dimusim keduanya kini, Stones menjelma sebagai bek kuat Premier League Inggris dan hasil ini tak lepas dari kinerja Josep Pep Guardiola sebagai pelatih City.

Southgate sendiri terlihat akan tergantung pada sosok Stones ketika Inggris bermain di Rusia tahun depan, usai keduanya sempat bekerja sama di tim U-21. Disela-sela persiapannya, sang pelatih mencoba membandingkan kemampuan Stones yang begitu banyak dalam mendistribusikan bola dari lini belakang dengan Pique dan Boateng.

“Saya tak pernah berhenti untuk mengingatkannya, bahwa dia akan diminta oleh pemain lain dengan hanya sekedar membuang bola. Boleh-boleh saja anda melakukannya. Akan tetapi hal itu akan sama seperti pemain lain,” cetus Southgate.

“Semua bisa berubah, jika Anda ingin bermain bersama saya, maka Anda harus lakukan yang berbeda dari pemain lain dan dia berbeda. Dia punya ketenangan yang sama bagusnya dengan bek manapun di Eropa,”

“Saya melihat Boateng di Manchester City ketika dia masih muda dan takkan ada yang memprediksi dia bakal seperti sekarang. Saya melihat Pique ketika melawan Manchester United bersama Middlesbrough dan dia sangat buruk karena melakukan blunder,”

“Dan John memiliki atribut yang sama seperti dua orang itu. Dia punya aura kehadiran yang kuat di kotak penalti. Dia ingin terus berkembang dan belajar. Dia sangat dinantikan oleh masa depan cerah dan aura kebintangan sangat kental dalam dirinya,” tutup Southgate.

Sepakan ini, Inggris akan menjalani dua pertandingan uji coba internasional. Dimana pertandingan pertama mereka adalah menghadapi Jerman dan selang tiga hari ke depan, Inggris akan berjumpa Brasil.