Liga Eropa Lain Liga Inggris

Skuat Timnas Inggris Tanpa Wayne Rooney

Masa karir cemerlang Wayne Rooney nampak jelas dimakan usia, setelah gagal bersinar dalam dua musim terakhir bersama Manchester United. Kini masa buruk itu terus berlanjut hingga ke level internasional. Jelang dimulainya laga persahabatan dan kualifikasi Piala Dunia 2018, secara mengejutkan Gareth Southgate memutuskan untuk mencoret Rooney dari 25 nama skuat timnas Inggris yang akan terbang ke berbagai negara untuk menjalani serangkaian ajang internasional.

Sejatinya tanda-tanda hitam sudah datang, dimana Rooney tidak masuk ke dalam panggilan pada Maret lalu akibat cedera lutut kanan. Rooney tercatat terakhir kali merumput bersama Three Lions pada bulan November lalu dan pencoretannya kali ini dianggap akan berdampak pada posisinya di Piala Dunia 2018 mendatang.

Dalam bulan Juni nanti, Inggris setidaknya akan menjalani dua laga penting. Pertama mereka akan berhadapan dengan Skotlandia diajang kualifikasi Piala Dunia dan berlanjut ke laga uji coba melawan Prancis. Adapun Rooney tak sendirian, Southgate juga tak mengikutsertakan dua nama kelas dunia macam Ross Barkley dan winger Arsenal Theo Walcott juga tidak mendapatkan tempat di skuat terbaru Inggris.

Menariknya disini ketika Southgate justru memasukan nama pemain senior Sunderland Jermain Defoe. Berlanjut ke pemain baru macam bek Tottenham Hotspur, Kieran Trippier yang mendapat pemanggilan perdananya di timnas serta penjaga gawang Jack Butland kembali dipanggil untuk pertama kali setelah menderita cedera engkel pada Maret 2016.

Dalam pernyataan singkatnya, Southgate berkeyakinan bahwa skuat pilihannya ini akan membawa perubahan dan hasil baik dalam dua laga nanti. Dia berkata: “Pertandingan kontra Skotlandia dipastikan akan sengit. Kemenangan atas Skotlandia akan membawa kami pada posisi yang menguntungkan untuk lolos ke Piala Dunia 2018, saya harap hasil memuaskan akan terjadi,”

“Sedangkan laga uji coba melawan Prancis akan memberikan kami banyak pelajaran dan itu baik untuk kami. Kami berambisi untuk bermain dengan para pemain terbaik di laga uji coba, kami sudah melakukannya saat melawan Spanyol dan Jerman. Disini kami ingin melihat apa yang sudah kami kerjakan dan kami berharap akan ada perkembangan dari skuat kami,” tutup Southgate.

Berikut kami hadirkan 25 nama skuat timnas Inggris pilihan Southgate:

Penjaga Gawang: Jack Butland (Stoke City), Fraser Forster (Southampton), Joe Hart (Manchester City), Tom Heaton (Burnley).

Pemain Belakang: Ryan Bertrand (Southampton), Gary Cahill (Chelsea), Nathaniel Clyne (Liverpool), Aaron Cresswell (West Ham), Ben Gibson (Middlesbrough), Phil Jones (Manchester United), Chris Smalling (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Tottenham), Kyle Walker (Tottenham).

Gelandang: Dele Alli (Tottenham), Eric Dier (Tottenham), Adam Lallana (Liverpool), Jesse Lingard (Manchester United), Jake Livermore (West Brom), Alex Oxlade-Chamberlain (Arsenal), Raheem Sterling (Manchester City).

Penyerang: Jermain Defoe (Sunderland), Harry Kane (Tottenham), Marcus Rashford (Manchester United), Jamie Vardy (Leicester City).