Liga Jerman

Semakin Terpuruk, Bayer Leverkusen Pecat Sang Pelatih

Akhirnya Bayer Leverkusen mengambil keputusan terkait Roger Schmidt. Menurut manajemen kinerja buruk dari sang pelatih memaksan mereka untuk menghentikan Schmidt. Leverkusen menyudahi kerja sama dengan Schmidt karena manajer ini tidak dapat membangkitkan kinerja tim dengan hasil yang membanggakan.

Bayer Leverkusen baru memperoleh hasil sembilan kemenangan dalam 23 laga mereka di Bundesliga pada musim ini, selain itu mereka juga sudah kalah sebanyak 11 kali. Saat ini, tim ini berada di posisi kesepuluh klasemen sementara dengan hasil 30 poin, selisih 11 poin dari Hoffenheim yang berada di peringkat keempat atau dekat dengan zona merah Liga Champions.

Hal tersebut menjadi sebuah hasil yang buruk, pasalnya Javier Hernandez dan rekan-rekannya selama musim yang lalu dapat menempati peringkat yang ketiga klasemen akhir.

Pada turnamen Liga Champions di musim ini, Leverkusen semakin tersisih setelah gagal dengan skor akhir 2-4 ketika melawan Atletico Madrid yang berlaga di markas sendiri pada putaran yang pertama di babak 16 besar.

Setelah kalah dengan hasil yang mengecewakan yakni 2-6 dari Borussia Dortmund, pada Sabtu (4/3), Leverkusen memberi keputusan untuk tidak melanjutkan kerja sama bersama sang pelatih, Roger Schmidt. Hasil melawan Dortmund itu menjadi kegagalan yang kelima tim ini selama tujuh kali berlaga untuk semua kompetisi.

” Keputusan tersebut resmi diambil oleh komite para petinggi dan pemilik saham atas hasil dari klub dan manajemen keolahragaan. Berita resmi terkait siapa yang akan menggantikan posisinya sebagai pelatih akan segera diberitahukan beberapa waktu ke depan, ” papar pihak Leverkusen dalam situs resmi mereka.

Roger Schmidt merupakan pelatih berusia 49 tahun, yang sudah menjadi pelatih Bayer Leverkusen mulai dari tahun 2014 yang lalu setelah sebelumnya menjadi pelatih di RB Salzburg. Di musim debutnya, dia dapat membawa tim ini menuju posisi keempat yang selanjutnya menjadikan timnya naik satu tingkat pada musim 2015/2016 yang lalu.