Liga Inggris

‘Scorpion Kick’ Giroud Difavoritkan Raih Puskas Award 2017

scorpion kick giroudFIFA baru saja merilis tiga calon gol terbaik atau peraih Puskas Award 2017. Salah satunya ialah gol tembakan kalajengking ujung tombak Arsenal, Olivier Giroud.

Giroud membukukan gol itu ketika Arsenal meladeni Crystal Palace pada pertandingan lanjutan Premier League musim lalu, tepatnya pada tanggal 1 Januari 2017. Gol tersebut membuka keunggulan The Gunners yang menyudahi laga dengan skor 2-0.

Pada prosesnya gol tendangan kalajengking tersebut, bola sodoran dari Alexis Sanchez sejatinya sedikit mengarah di belakang Giroud yang sudah berlari ke depan. Akan tetapi Giroud lantas mengangkat kaki kirinya ke arah belakang guna menendang bola dengan tumitnya. Usaha penyerang internasional Prancis itu ternyata menghasilkan gol.

Gol Giroud itu menjadi satu di antara tiga finalis Puskas Award 2017. Giroud akan bertarung dengan Deyna Castellanos (Venezuela) dan penjaga gawang asal Afrika Selatan Oscarine Masuluke.

Castellanos masuk dalam tiga besar melalui gol dari tengah lapangan yang ia buat pada duel antara Venezuela dan Kamerun di ajang Piala Dunia Wanita U-17 di Yordania pada Oktober 2016.

Sedangkan finalis terakhir Oscarine Masuluke adalah kiper pertama yang masuk tiga besar Puskas Award sepanjang sejarah. Kiper yang memperkuat Baroka FC itu mencetak gol penyama ke gawang Orlando Pirates melalui sebuah tendangan salto.

Siapa peraih Puskas Award 2017 bakal ditentukan melalui voting. Fans juga bisa turut andil memberi suara. Pengumuman pemenang akan dilakukan bersamaan dengan seremoni penghargaan Pemain Terbaik Dunia 2017 23 Oktober mendatang di London, Inggris.