Liga Inggris

Sam Allardyce Putuskan Pensiun

sam allardyceSam Allardyce tidak lagi menjadi nahkoda Crystal Palace di musim 2017-2018 mendatang. Dirinya memutuskan mundur dari klub dan tidak akan melatih lagi.

Allardyce mulai membesut Palace sejak akhir tahun lalu sebagai suksesor Alan Pardew. Eks pelatih tim nasional Inggris tersebut diikat kontrak dua setengah musim manajemen The Eagles.

Berkat polesan tangan dingin Allardyce, Palace mampu selamat dari jeratan degradasi. Klub itu menyudahi musim di posisi 14 klasemen akhir Liga Primer Inggris. Disamping itu, Palace juga menciptakan kejutan saat menundukkan Arsenal, Chelsea, dan Liverpool.

Walau terbilang cukup sukses bersama Palace, Allardyce tak berniat melanjutkan tugasnya. Pria berusia 62 tahun itu mengundurkan diri dari sepakbola dan tidak mau mengambil tawaran klub lain.

“Ini merupakan sebuah keputusan yang amat sulit saya tempuh, namun dalam aspek lainnya juga ada yang amat sederhana. Saya mengucapkan rasa terima kasih kepada Crystal Palace dan (ketua klub) Steve Parish telah memberikan restu pergi dengan kepala tegak karena stelah membuat klub tetap berada di Premier League musim depan,” ujar Allardyce dalam pernyataannya yang dikutip Sky Sports.

“Tak hanya itu, mereka sudah memberikan kesempatan untuk membenahi nama baik saya setelah apa yang terjadi dengan timnas Inggris. Saya butuh peluang lain menjadi pelatih di liga dan menunjukkan jika saya masih memiliki kualitas untuk meraih hal yang positif. Seperti yang saya katakan akhir pekan lalu, Palace memberikan saya tempat rehabilitasi,” katanya.

“Dan sekarang menjadi momen yang tepat untuk saya, saya menyadari itu dalam lubuk hati terdalam. Saya tak memiliki keinginan untuk mengambil pekerjaan lain. Saya hanya mau menikmati waktu-waktu yang selama ini betul-betul tak bisa anda nikmati selama 24 jam sehari dan tujuh hari sepekan saat menangani klub sepakbola, apalagi di Premier League, karena selalu ada tuntutan,” ujar Allardyce.

Allardyce sudah melatih banyak tim diantaranya adalah Blackpool, Notts County, Bolton Wanderers, Newcastle United, Blackburn Rovers, West Ham United, dan Sunderland.