Liga Inggris

Saat Remaja, De Gea Rupanya Seorang Striker

david de geaBerposisi sebagai penjaga gawang, David De Gea tidak hanya cakap menggunakan tangan tapi juga pandai menggunakan. Rupanya ada cerita di masa lalu di balik kemampuannya itu.

Kiper andalan Manchester United yang genap berusia 27 tahun pada hari Selasa (7/11/2017), beberapa waktu lalu mengatakan jika kariernya sekarang bisa berbeda 180 derajat.

Andai bukan karena langkahnya di masa lalu, bisa saja De Gea sekarang bukan terkenal sebagai kiper namun seorang penyerang. Ya, saat masih remaja pria kelahiran Spanyol tersebut mampu memainkan kedua peran.

“Ketika saya masih masih sekolah di Madrid, saya bermain di depan. lalu saya juga mapin di posisi itu ketika masuk sekolah sepakbola,” ujar De Gea kepada United Review.

“Saya masih bisa memakai dua peran saat itu, bermain sebagai striker dan di bawah mistar gawang. Akan tetapi setelah itu saya mulai sadar jika saya akan lebih bagus sebagai kiper,” ucapnya.

Pengalamannya tersebut rupanya juga ikut berperan besar dalam kemampuan De Gea dalam memainkan kaki-kakinya saat menghalau bola-bola tendangan maupun sundulan pemain lawan, seperti yang kerap dia perlihatkan ketika mengamankan gawang.

“Hal itu terasa seperti naluri. Sesuatu yang saya lakukan secara alami. Bukan saya mengatakannya kepada diri sendiri ‘Saya akan memakai kaki’,” kata De Gea mengenai kebiasaan itu.

“Itu hanya satu respon dan ada saatnya bola meluncur dekat sekali dengan tubuh Anda sehingga anda tak memiliki waktu yang cukup waktu untuk menunduk. Memang benar saya cukup baik dalam memakai kaki dan itu adalah kelebihan lain yang bisa saya andalkan.”

“(Seperti yang pernah saya bilang), saat masih kecil saya sudah biasa tak bermain di bawah mistar gawang, maka sentuhan kaki saya terhadap bola tak buruk-buruk amat,” tuturnya.

Peran De Gea untuk Setan Merah memang tak perlu diragukan lagi. Mantan pemain Atletico Madrid ini bahkan pernah menyabet penghargaan pemain terbaik MU dia kali beruntun.