Liga Inggris

Rooney Siap Jalani Debut Eropa Bersama Everton

Wayne RooneyKetika masih berseragam Manchester United, Wayne Rooney sudah sering tampil di kompetisi antarklub Eropa. Dan sekarang bersama Everton, Rooney baru akan menjalani debutnya di kompetisi Eropa.

Pada tahun 2004 silam, Rooney hengkang dari Everton ke Manchester United sebagai remaja berusia 18 tahun. Di musim panas 2017, Rooney “pulang kampung” ke Everton sebagai pemain top berusia 31 tahun.

Rooney sekarang sudah siap untuk menjalani pertandingan kompetitif pertamanya sejak kembali ke Everton, dalam laga kontra MFK Ruzomberok, wakil dari Slovakia di stadion Goodison Park, Jumat (28 Juli 2017) dinihari WIB, pada partai fase kualifikasi ketiga Liga Europa.

“Pertandingan pertama setelah saya kembali ke Everton akan menjadi hari yang penuh emosi untuk saya. Saya sudah menantikan saat-saat seperti ini sejak lama,” ungkap Wayne Rooney Rooney seperti yang dilansir dari BBC.

Dalam balutan seragam The Red Devils dulu, Rooney sudah sering tampil di pentas Eropa. Ia masuk squad The Red Devils yang memenangkan Liga Champions 2007/2008 dan Liga Europa 2016/2017. Tapi bersama Everton, laga dinihari nanti merupakan debut Eropa-nya.

“Sesuatu yang selalu saya inginkan dari dulu adalah tampil di kompetisi Eropa bersama Everton. Saya sedikit kecewa belum pernah melakukannya sebelum ini tapi sekarang akhirnya saya mendapatkan kesempatan ini,” ujar Wayne Rooney.

“Tahun lalu saya meraih trofi Liga Europa bersama MU sehingga tahun ini saya berharap kami bisa melaju sejauh mungkin dan, Anda tidak pernah tahu apa hasilnya, yang paling utama adalah berusaha meraihnya lagi,” lanjut Wayne Rooney.

MFK Ruzomberok, yang akan menjadi lawan Everton, tampil lagi di Eropa untuk kali pertama semenjak 11 tahun silam. MFK Ruzomberok bisa tampil di Eropa setelah finis ketiga dalam kompetisi liga Slovakia musim lalu. Tim asuhan Norbert Hrncár ini sudah menyingkirkan klub Serbia FK Vojvodina dan SK Brann dari Norwegia untuk sampai ke fase ini.

Pemenang partai dua putaran antara Everton lawan Ruzomberok berhak melangkah ke fase playoff pada bulan Agustus mendatang. Itu merupakan fase terakhir yang harus dilewati untuk bisa tampil di babak grup Liga Europa, yang akan mulai diselenggarakan pada bulan September.