Berita Sepak Bola Liga Italia

Real Madrid, Klub Terbanyak Final Liga Champions Hingga Saat Ini

Pada kompetisi tingkat tertinggi di Eropa, Real Madrid mampu terus tampil mencapai Final lebih banyak dibandingkan klub lainnya dibenua tersebut. Terhitung raksasa LaLiga tersebut telah mencapai final Piala Eropa sebanyak 15 kali.

Puncak kejayaan pun menanti mereka lagi di Cardiff, di mana kini mereka akan memiliki kesempatan untuk meraih gelar ke-12 mereka, dan akan melawan jawara Liga Italia lima kali berturut-turut, Juventus. Hal ini akan menegaskan dominasi dan kedekatan mereka dengan kompetisi tersebut, seperti ikan dan air bersama di Liga Champions.

Kini mereka tinggal satu langkah lagi menuju kemenangan meraih mahkota Liga Champions secara beruntun, sesuatu yang jarang tidak dimiliki tim di era modern. Terakhir kali tim yang mampu meraih Liga Champioons secara beruntun adalah AC Milan yang dibawah asuhan Arrigo Sacchi pada musim 1989-1990 lalu.

Juventus merupakan tim menunggu Los Blancos saat ini di final, namun                 mereka pasti akan teringat dengan kejadian pada musim 1997 -1998 saat dimana pasukan Italia tersebut di taklukan dengan skor 0-1 di Amsterdam Arena dan memberikan piala ke tujuh untuk Madrid.

Setelah Jose Mourinho melatih Madrid, mereka mampu mencapai tiga kali ke level semi final, di bawah Carlo Ancelotti, juga mampu lolos ke semifinal setahun berikutnya namun akhirnya ditaklukan Juventus.

Dua musim terakhir, di bawah komando Zinedine Zidane, Madrid pun mampu dua kali mencapai final secara beruntun.

Dari 14 laga final yang telah dicapai Madrid hingga musim lalu, mereka dikalahkan hanya dalam tiga kali kesempatan saja, menghadapi Benfica pada tahun 1962, dan dua tahun tahun kemudian oleh dan akhirnya pada tahun 1981 saat Liverpool mengalahkan mereka di Paris.

Sisanya, Madrid selalu berada di puncak liga. Pertama kali pada tahun 1956 menghadapi Stade de Reims, mengalahkan klub asal Italia yaitu Fiorentina dan Milan dalam dua tahun berikutnya. Kemudian mereka membalaskan dendam di tahun berikutnya mengalahkan Stade de Reims dilanjutkan kemenangan keempat mereka menghadapi Eintracht Frankfurt pada tahun 1960.

Mreka pun menaklukan Partizan pada tahun 1966 dan perlu menunggu 32 tahun untuk dapat melanjutkan kemenangan mereka saat menghadapi Juventus pada tahun 1998. Dua tahun kemudian mereka unggul atas Valencia pada tahun 2000 dan dua tahun berikutnya menaklukan Bayer Leverkusen pada tahun 2002.

Dua piala terakhir mereka akhirnya mereka mampu mengungguli rival satu kota mereka yaitu Atletico Madrid pada tahun 2014 dan 2016 lalu.