Berita Sepak Bola Bola Dunia UEFA

Pujian Klopp untuk Julian Nagelsmann

Jelang duel menghadapi Hoffenheim, sang manajer Liverpool Juergen Klopp puji sang pelatih lawan, yaitu Julian Nagelsmann. Klopp menilai kalau Nagelsmann adalah pelatih muda yang miliki kelangsungan karier yang amat gemilang.

Liverpool bakal berhadapan dengan Hoffenheim di play-off ajang Liga Champions. Pertemuan pertama bakal berlangsung pada hari Rabu (16/8/2017) dinihari WIB di kandang Hoffenheim.

Pertandingan itu pun bakal jadi arena adu strategi antara Klopp dengan Nagelsmann. Saat Klopp masih menjadi pemimpin Borussia Dortmund, ia belum sempat beradu taktik dengan Nagelsmann sebab pada waktu tersebut Nagelsmann masih jadi pelatih tim muda Hoffenheim.

Di umurnya saat ini yang baru menginjak 30 tahun, Nagelsmann sudah perlihatkan kualitas yang ia miliki dengan membawa Hoffenheim finis di urutan 4 klasemen akhir Bundesliga musim kemarin. Ini adalah pertama kali dalam sejarah Hoffenheim masuk ke ajang Liga Champions.

Sedangkan, Nagelsmann sebelumnya bukanlah pemain sepakbola profesional. Posisi pelatih Hoffenheim pun jadi pengalaman pertama untuknya memimpin sebuah tim senior.

Klopp, yang miliki agen yang sama dengan Nagelsmann, juga berikan banyak pujian pada kompatriotnya tersebut.

“Saya turut merasa senang untuk teman dan agen saya Marc Kosicke sebab saya sudah semakin tua dan makin tua – saya merupakan kuda tua di dalam sangkar dan telah ada kuda muda untuk yang bakal eksis dalam jangka waktu panjang,” ucap Klopp.

“Ia merupakan sang pelatih yang amat bertalenta. Kami tidak terlalu saling kenal antara satu dengan yang lain sebab kami belum miliki waktu. Saat saya keluar dari Jerman, saya anggap ia masih jadi pemimpin di tim U-19 atau semacam itulah,” sambung dia.

“Namun, sedari waktu tersebut kami sudah tuliskan pesan dan beberapa hal semacamnya. Saya sungguh ikuti kiprahnya sedari waktu tersebut sebab saya suka dengan sepakbola yang oke dan tentu nya timnya tunjukkan performa yang oke dan menarik,” kata Klopp.

“Ia bukan satu-satunya, namun ia merupakan contoh baik untuk banyak manajer muda yang sungguh oke di Jerman. Ini merupakan saat yang menarik di pasaran manajer di Jerman pada periode ini,” imbuh dia.