Berita Sepak Bola Profil Pemain

Profil Pemain Sepakbola – Juan Mata

juan mata - manchester united

Juan Manuel Mata García, biasanya dipanggil Juan Mata berkelahiran di Burgos, Spanyol, 28 April 1988, merupakan sosok pesepakbola asal Spanyol yang berposisi sebagai gelandang dan kini sedang bermain dengan Manchester United serta timnas Spanyol.

Nama Lengkap: Juan Manuel Mata Garcia
Tempat Lahir: Ocon de Villafranca, Spanyol
Tanggal Lahir: 28 April 1988 (29 Tahun)
Kebangsaan: Spanyol
Klub: Manchester United
Posisi: Gelandang
No Punggung: 8
Tinggi: 170 cm

Karir
2006 – 2007 : Real Madrid
2007 – 2011 : Valencia
2011 – 2014 : Chelsea
2014 – : Manchester United

Mata bisa dibilang mengikuti langkah ayahnya sebagai pesepakbola profesional yang aktif di era 1980an serta awal 1990an. Melihat bakat alami yang dimiliki Mata, Ayahnya, Juan Manuel Mata Rodriguez, kemudian memasukkannya ke akademi klub Real Oveido di tahun 1998.

Menghabiskan 3 tahun di akademi Real Oveido, Mata kemudian pindah ke akademi Real Madrid, La Fabrica, saat masih berusia 15 tahun. Berawal dari sinilah kemampuan Mata semakin meningkat.

Mata tampil cukup bagus di sepanjang riwayatnya bersama tim akademi. Dia menjadi pemain andalan di skuat utama tim akademi Madrid dalam berbagai tingkatan. Dimulai dari tingkat Cadete A sampai ke Juvenil A.

Peningkatan yang signifikan pun disadari oleh pelatih klub dan kemudian ia memperoleh perhatian khusus dari pihak akademi klub.

Di awal musim 2006/2007, Mata akhirnya bermain dengan Real Madrid Castilla. Dia tampil cemerlang di setiap pertandingan bersama tim utama. Saat itu, Mata mencatatkan total 39 pertandingan di sepanjang musim bersama Real Madrid Castilla.

Walaupun di akhirnya Castilla mesti turun kasta dari Segunda Division, Mata berhasil jadi pemain yang paling produktif kedua dalam bersama Castilla lewat 10 golnya saat masih berusia 18 tahun. Dia cuma kalah dari raihan Alvaro Negrodo yang menciptakan 18 gol untuk Castilla.

Di musim berikutnya, pihak klub pun memperbarui kontrak si pemain. Setelah itu Mata kemudian dipinjamkan ke Spanyol lainnya, yakni Valencia, tepatnya di Maret 2007. Perekrutan itu pun terbilang tepat, menyusul cedera Vincente Rodriguez, Mata lantas dijadikan sebagai opsi utama dalam musim pertamanya.

Performa oke pun terus diperlihatkan Mata di sepanjang kariernya bersama Valencia. Bahkan, Mata dikenal sebagai salah satu winger yang berbahaya dalam La Liga. Namun, disebabkan persoalan keuangan yang dialami Valencia, pihak klub akhirnya harus melepaskan si pemain.

Setelah Itu, Mata direkrut oleh Chelsea usai ditebus dengan biaya transfer sebesar 23,5 juta Euro. Saat itu, dia menjadi pemain Spanyol ke-3 yang direkrut ‘Si Biru’ usai Fernando Torres diibeli dari Liverpool dan kemudian ada Oriel Romeu di Barcelona.

Dalam karier internasionalnya, Juan Mata turut ambil bagian dalam skuat timnas Spanyol saat berhasil menjuarai Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan. Sebelum itu dia juga tampil dengan timnas U-21, dan mampu membawa Spanyol jadi pemuncak Eropa di 2011.

Di tanggal 25 Januari 2014, Chelsea memutuskan untuk melepaskan Juan Mata ke Manchester United dengan biaya transfer sebesar 37 juta euro.