Berita Sepak Bola Profil Pemain

Profil Pemain Sepakbola – Cristiano Ronaldo

 

cristiano ronaldo

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, ataupun yang biasanya dikenal sebagai Cristiano Ronaldo (CR7), merupakan pesepakbola asal Portugal yang sekarang ini berkiprah di Real Madrid. Dia juga sempat menjadi pemain termahal dunia ketika dibeli Madrid dari eks klubnya, Manchester United, dalam jendela transfer tahun 2009 dengan harga sebesasr 132 juta dolar (sekitar Rp 1,3 Triliun).

Nama Lengkap : Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro (CR7)
Tempat Lahir : Funchal, Madeira, Portugal
Tanggal Lahir : 05 Februari 1985 (32 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Klub : Real Madrid
Posisi : Striker
No Punggung : 7
Tinggi : 186 cm

Karir
2002 – 2003 : Sporting Lisbon
2003 – 2009 : Manchester United
2009 – : Real Madrid

Ronaldo mulai melambungkan namanya sebagai pesepakbola profesional sedari tahun 2003 dalam kiprahnya di Man United setelah didatangkan dari klub profesional pertamanya di Portugal, Sporting Lisbon. Dalam biaya transfernya, kubu Man United bersedia menebus si pemain dengan harga transfer sebesar 12,24 juta pounds.

Ketika di bulan November dan Desember 2006, Ronaldo secara berturut-turut terpilih sebagai pemain terbaik Premier League dan membuatnya menjadi pemain ke-3 yang mencatatkan torehan serupa usai sebelumnya ada Dennis Berkamp di era 1997 dan Robbie Fowler di era 1996.

Ronaldo mampu mencatatkan gol ke-50 untuk Manchester United di 5 Mei 2007 ketika bermain dalam perduelan Derby Manchester melawan rival sekotanya, Manchester City. Di tahun yang sama, ‘Setan Merah’ (julukan MU) berhasil meraih gelar juara Premier League setelah sebelummya 4 tahun selalu gagal menjuarai liga dan CR7 pun membukukan penghargaan sebagai Pemain Muda Terbaik.

Di tahun 2007, Cristiano Ronaldo mulai mengukir sejarahnya sebagai pemain terbaik di Inggris, Eropa dan bahkan Dunia dengan meraih beberapa penghargaan bergengsi di saat itu, yang mana seperti Pemain Terbaik Premier League, Pemain Muda Terbaik, Pemain Terbaik Pilihan berdasarkan pemungutan suara dari Para Pemain Profesional Inggris.

Pada tanggal 2 Desember 2008, CR7 juga berhasil memperoleh penghargaan Pemain Terbaik Eropa (sekarang diganti jadi Ballon d’Or) dan jadi pemain pertama Manchester United yang membukukan torehan itu setelah George Best di era 1968.

Ronaldo kemudian dilepaskan ke Real Madrid pada bursa transfer 2009 dengan dibandrol senilai 80 juta pounds (sekitar Rp 1,3 Triliun) yang menjadi rekor transfer, alhasil dia pun menyandang status sebagai pemain termahal dunia di saat itu.

Sementara karier internasionalnya di Timnas Portugal, Ronaldo melakukan debut ketika Portugal berhasil menang 1-0 melawan Kazakhstan, tepatnya di 20 Agustus 2003 lalu. CR7 pun dipanggil ketika melakoni turnamen Piala Eropa 2004 dan mampu membukukan 2 gol di fase grup serta semifinal. Meskipun harus menerima kenyataan pahit bahwa Portugal gagal memuncaki turnamen itu setelah dikalahkan Yunani dalam putaran final, Ronaldo tetap terpilih sebagai tim terbaik turnamen.

Di Olimpiade 2004, Cristiano Ronaldo juga turut berandil dalam skuat utama timnas Portugal. Dia juga berhasil mengantarkan Portugal menjuarai Piala Eropa 2016.