Berita Sepak Bola

Presiden SSC Napoli yang Unik nan Nyentrik

Presiden SSC Napoli yang Unik nan Nyentrik
Presiden SSC Napoli yang Unik nan Nyentrik

Sepakbola menyimpan berbagai macam cerita unik, mulai dari klub, pemain, pelatih hingga pemilik klub. Berbicara mengenai pemilik klub sepakbola, tak lengkap rasanya jika tak menyebut nama Aurelio De Laurentiis. Pemilik klub Italia SSC Napoli ini dikenal sangat nyentrik di kalangan pecinta sepakbola Italia. Di Italia, istilah pemilik klub biasa disebut dengan Presiden klub. Istilah ini sudah digunakan bertahun-tahun. Tiap musim, beberapa kali diadakan pertemuan dari seluruh presiden klub anggota Serie A untuk membicarakan masalah kompetisi. Dari semua nama presiden klub Serie A Italia, nama Aurelio De Laurantiis bisa dibilang yang paling mencuri perhatian publik.

Aurelio De Laurantiis sendiri bukanlah sosok yang berlatar belakang sepakbola. Dirinya lebih dikenal sebagai produser film. Tak kurang dari 200 judul film telah diproduserinya. Kebanyakan judul film yang diproduseri adalah film-film Italia. Banyak kisah-kisah unik dari Aurelio De Laurantiis dari dunia sepakbola maupun dari luar sepakbola. Pria kelahiran 24 Maret 1949 ini memang dikenal sebagai sosok yang nyentrik dan keras kepala. Tak jarang dia memberikan hukuman kepada Gonzalo Higuan cs. Ketika mereka bermain buruk.

Misalnya ketika Napoli disingkirkan Lazio di semifinal Coppa Italia 2015. Kekalahan tersebut membuat De Laurantiis marah besar. Seluruh skuad Napoli yang saat itu dipimpin Rafael Benitez di karantina di kamp latihan yang jauh dari jangkauan publik. Seluruh punggawa tim dari pemain hingga staff pelatih dilarang menghubungi keluarga atau kekasih mereka.

Cerita lain datang ketika Napoli bersua Dnipro di ajang Erupa League 2015. Ketika itu, Napoli harus rela ditahan imbang oleh Dnipro. Hal tersebut memicu emosi Aurelio De Laurantiis. Saat diwawancarai oleh pers mengenai pertandingan tersebut, Presiden Napoli tersebut memberikan sumpah serapah kepada UEFA plus gesture jari tengah ke kamera. Kontan hal tersebut membuat UEFA geram dan menjatuhkan sanksi kepada Napoli.

Aurelio De Laurantiis memang sosok yang unik dalam dunia sepakbola. Kehadirannya membawa warna tersendiri bagi sepakbola Italia. Meskipun kerap bertindak ontroversial, Aurelio De Laurantiis tetap dihormati sebagai presiden klub sepakbola yang unik dan nyentrik. Di tangannya, Napoli kembali meraih kejayaan setelah sebelumnya pernah terpuruk ke Serie C. Mungkin Napoli tinggal menunggu waktu untuk merengkuh kembali gelar Scudetto Serie A Italia.