Liga Inggris

Pogba Bukan Striker Yang Bisa Cetak Banyak Gol Semusim

Paul PogbaDatang ke Old Trafford dengan biaya transfer yang memecahkan rekor dunia, gelandang Manchester United, Paul Pogba diharapkan bisa menjadi andalan MU untuk menjadi meriam gol. Padahal, posisi asli Pogba bukanlah seorang striker.

Pemain tim nasional Prancis ini dipulangkan oleh MU dari Juventus dengan biaya 89 juta poundsterling, yang memecahkan rekor transfer pemain termahal dunia. Sejauh ini, Pogba sudah mencetak tujuh dan lima assist, dan mengantarkan MU meraih juara di Piala Liga Inggris.

Walaupun begitu, bagi sebagian pendukung United dan pandit sepakbola, penampilan Pogba dinilai masih jauh dari harapan. Mantan bek MU, Nemanja Vidic, menilai kritik yang dialamatkan kepada Pogba itu sama sekali tidak adil.

“Tergantung dengan apa yang orang inginkan tentang Paul. Masalahnya sekarang adalah, pasar yang sedang gila. Maksud saya, anda terkadang harus mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk merekrut satu orang pemain,” ungkap Vidic.

“Paul adalah seorang pemain yang hebat, tapi tugas utamanya bukanlah mencetak gol. Dia lebih untuk menciptakan banyak situasi di seluruh lapangan dan mungkin bisa mencetak 10 gol atau 15 gol, bukan 25 gol,” lanjut Vidic.

“Saya pikir dia sudah membeikan banyak kontribusi untuk United, sekarang dia memang belum mencapai puncak performanya tapi dia sudah bermain dalam 40 pertandingan yang ini juga penting. Sebagai seorang pemain tengah, Anda harus punya seseorang yang bertenaga, tinggi, dan terlihat di tengah lapangan. Saya yakin dia akan lebih baik lagi di musim depan,” lugas Vidic.

Pogba sukses mencuri perhatian publik dunia setelah dibeli Juventus dari MU pada musim panas 2012 silam. Sejauh ini, jumlah gol terbanyak Pogba dalam satu musim kompetisi adalah 10 gol, yaitu di musim 2014/2015 dan 2015/2016.