Piala Dunia

Pertandingan Lawan Inggris Jadi Penampilan Podolksi Bersama Jerman

lukas podolskiTim nasional Jerman akan berhadapan dengan tim nasional Inggris di Dortmund dalam pertandingan persahabatan. Pertandingan ini akan sekaligus menjadi pertandingan perpisahan untuk Lukas Podolski dalam balutan jersey Die Mannschaft.

Pertandingan antara dua tim raksasa Eropa itu akan diselenggarakan di Signal Iduna Park, Kamis (23 Maret 2017) dinihari WIB. Podolski akan mengkapteni Jerman dan mendapatkan caps-nya yang ke-130, pemain ketiga dengan caps terbanyak untuk Jerman setelah Lothar Matthaeus (150 penampilan) dan Miroslav Klose (137 penampilan).

Pesepakbola berusia 31 tahun ini mengawali debutnya bersama Jerman pada tahun 2004 silam dibawah kepemimpinan Rudi Voeller. Ketika itu Podolski masih berusia 19 tahun dan sampai kini telah menyumbang 48 gol, juga jumlah gol terbanyak ketiga di bawah Klose (71) dan Gerd Mueller (68).

Podolski sudah tampil di empat kali gelaran Piala Eropa (2004, 2008, 2012, dan 2016) serta tiga kali di Piala Dunia (2006, 2010, dan 2014), dan berhasil mengantarkan negaranya menjadi juara dunia di Brasil tiga tahun lalu.

“Sampai aku telah menjalani 13 tahun yang luar biasa dan mengagumkan, aku sangat bangga dengan pencapaianku,” ungkap Podolski dalam sebuah sesi wawancara yang dilansir oleh Telegraph.

“Bohong jika aku tidak sedih ketika aku memikirkan akan masuk ke ruang ganti yang terakhir kalinya, melihat perlengkapanku untuk terakhir kalinya, melakukan pemanasan bersama rekan rekan setim untuk terakhir kalinya.”

“Tapi aku mengingat-ingat kenangan dengan rasa bangga saat pertama kali datang ke Jerman dari Polandia ketika masih berusia 2,5 tahun. Itu adalah pengalaman luar biasa yang terjadi pada setiap orang,” imbuh pemain yang kini membela Galatasaray itu.

Musim ini juga merupakan musim terakhir Podolski merumput bersama Galatasaray. Mulai musim depan, Podolski akan hengkang ke Liga Jepang bersama Vissel Kobe.