Liga Spanyol

Pergantian Pelatih Barca Bisa Untungkan Madrid

Barca VS MadridBarcelona musim depan akan menghadapi perubahan yang cukup signifikan. Periode transisi yang dilewati Barca dinilai bisa jadi keuntungan besar untuk tim rival bebuyutan, Real Madrid.

Musim depan, Barca sudah pasti akan dilatih oleh manajer baru. Luis Enrique sudah menyatakan bahwa dia tidak akan memperpanjang kontraknya bersama Barca dan memutuskan akan hengkag dari Camp Nou pada akhir musim ini.

Untuk masalah pemain, Andres Iniesta yang selama ini selalu menjadi motor permainan Barca di sektor tengah, sudah tidak muda lagi. Di tahun ini Iniesta akan menginjak usia 33 tahun.

Menurut Direktur Olahraga Real Madrid, Emilio Butragueno, kedua hal tersebut bisa sangat mempengaruhi permainan Lionel Messi dan kawan-kawan. Oleh sebab itulah, Madrid disebutnya bisa mendapat keuntungan besar dengan perubahan yang dilakukan oleh Los Cules.

“Andres Iniesta sudah semakin menua. Dia akan berusia 33 tahun dan tidak akan bisa bermain dengan intensitas yang sama dengan sebelumnya. Xavi Hernandez juga sudah pergi. Kedua pemain itu sangat penting dalam permainan mereka,” ungkap Emilio Butragueno.

“Apalagi dengan kedatangan pelatih baru pada musim depan, saya pikir akan ada perubahan dalam gaya permainan Barcelona dan cara mereka menyusun tim. Dalam waktu dekat, ini bisa jadi keuntungan besar untuk kami.”

Barca dan Madrid masih memperebutkan gelar juara La Liga musim ini. Madrid ada di puncak klasemen sementara dengan perolehan 65 poin dari 27 pertandingan dan hanya unggul dua poin dari Barca yang sudah memainkan 28 pertandingan.

El Clasico jilid kedua yang sekaligus merupakan laga pekan ke 33 akan diselenggarakan pada 23 April 2017 mendatang di Santiago Bernabeu. Menurut Butragueno, juara La Liga musim ini belum bisa dipastikan di saat itu.