Liga Jerman

Pemain Ini Angkat Bicara Soal Aksi Brutal Suporter Di Jerman

Akhir-akhir ini suporter dari klub-klub sepakbola Jerman menjadi pemberitaan lantaran aksi buruk yang mereka lakukan. Hal itu ternyata mendapat perhatian dari bek tengah dari Bayern Munich dan pemain timnas Jerman, Mats Hummels.

Dalam satu bulan belakangan ini, banyak suporter klub sepakbola Jerman yang kini semakin berulah lewat aksinya. Di akhir minggu yang lalu di Februari, penggemar dari Borussia Dortmund beraksi dan menyerang jelang beberapa jam pembukaan laga antara Dortmund kontra RB Leipzig.

Di minggu terakhir bulan yang lalu, tindakan yang sangat merugikan kembali terulang. Kali ini, pelatih Bayern Munich, yakni Carlo Ancelotti, yang terkena kebrutalan mereka. Pelatih dari Italia itu mendapat serangan dengan diludahi salah satu penggemar Herta Berlin di laga yang usai dengan hasil imbang antara keduanya tim, 1-1.

” Menurut saya, hal ini sudah sangat mengganggu dan terlihat sudah ada kecenderungan para suporter terbuka dengan aksi kekerasan dan menghina daripada memberikan kritikan dengan baik pada pemain dan juga pelatih, ” ucap Mats Hummels.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa suporter terlihat selalu lebih puas mengeluarkan rasa kecewa dan amarah mereka pada pemain dan pelatih jika tidak mendapat hasil yang diingini. Hal inilah yang menjadikan para fans mudah menghina, melecehkan bahkan meludahi seorang pelatih.

” Aksi seperti menghina baik secara verbal atau non verbal yang menjurus melukai pemain dan pelatih harus ditindak dengan tegas karena itu sudah sangat salah. Anda tak dapat keluar dan berjalan di luar sana jika banyak orang mengganggu dan meludahi. ” tegasnya.

Menurutnya, secara menyeluruh, cara penggemar kepada pemain atau pelatih telah sangat berubah dari sepuluh tahun yang lalu. ” Walau demikian, mau tidak mau kita harus tetap dekat dengan hal-hal seperti ini akhirnya. Saya harap ini tidak semakin menyedihkan, ” tutup pemain berusia 28 tahun itu.