Berita Sepak Bola Liga Spanyol

Pelatih Tim Muda Athletic Bilbao Resmi Gantikan Valverde

Jose Angel Ziganda New manager Athletic Bilbao, Jose Angel Ziganda pelatih baru Athletic Bilbao, Jose Angel Ziganda Athletic Bilbao, Jose Angel Ziganda, Athletic Bilbao, Jose Angel Ziganda New manager gantikan Ernesto Valverde, Ernesto Valverde, Ernesto Valverde to Barcelona, la liga , liga spanyol
Jose Angel Ziganda New manager Athletic Bilbao

Jose Angel Ziganda akhirnya ditunjuk oleh manajemen Athletic Club Bilbao sebagai kepala pelatih tim utama yang baru, menyusul kepergian pelatih sebelumnya, Ernesto Valverde. Ia puun diberi kepercayaan untuk membuktikan kemampuannya mengolah pasukan Los Leones selama 2 musim kedepan.

Pada hari Selasa lalu, Valverde telah resmi tak melanjutkan karirnya di San Mames keluar dari tim Basque, setelah empat musim mengasuh Raul Garcia dkk. Hal ini dikarenakan masa baktinya telah habis dan kemungkinan besar Ia akan menggantikan Luis Enrique di Barcelona mulai musim panas tahun ini.

Ziganda sebelumnya pernah menjadi pemain di Liga Spanyol membela Osassuna tahun 1985 sampai 1991 sebagai center forward. Kemudian Ia beralih membela Athletic sampai dengan 1998. Hal ini berarti Ia cukup mengenal klub tersebut dengan baik.

Perlu waktu empat tahun setelah ia gantung sepatu dari tahun 2001, untuk menekuni dunia kepelatihan. Ia pun dilibatkan sebagai pelatih di Ossasuna B dan setelah berlangsung selama satu musim, dan akhirnya dipercaya mengasuh tim inti dari tahun 2006 hingga 2008.

Ziganda pindah menuju Xerez CD namun sayangnya ia tak berhasil mencapai kesuksesan disana. Akhirnya ia panggil oleh manajemen Athletic untuk melatih Bilbao Ahtletic, tim B klub Ahtletic Bilbao. Ia sempat membawa mereka ke promosi tingkat kedua dalam musim 2014-15 dan kini Ia melatih disana selama enam musim terakhir.

Pelatih berusia 50 tahun itu sempat menghantarkan pemain mudanya yang bagus dan layak didatangkan ke tim utama, dan ia adalah Inaki Williams. Pemain Spanyol tersebut berhasil Ia masukkan ke tim utama pada tahun 2014 lalu dari tim utama. Dan musim ini, Ia dipanggil oleh timnas Spanyol untuk membela negaranya.

Ziganda telah diperkenalkan bersama dengan presiden Athletic, Josu Urrutia, pada hari Kamis ini tanggal 25 Mei pukul 12:00 waktu setempat di ruang pers “Jose Iragorri” San Mamés.

Ia pun berkata, “Saya sangat bahagia dan bersyukur atas kesempatan klub tersebut menunjuk saya. Bagi seseorang yang begitu teridentifikasi dengan klub, ini adalah berita terbaik yang bisa saya dapatkan minggu ini.”.