Liga Italia

‘Nainggolan Luar Biasa!’

Manajer AS Roma, Luciano Spalletti sangat bahagia melihat performa impresif dari gelandang andalannya, Radja Nainggolan. Spalletti pun tidak ragu mengirim pujian kepada Nainggolan, dan menyebutnya sebagai sosok gelandang yang serba bisa.

Gelandang tim nasioanal Belgia ini memang sedang ada dalam performa terbaiknya dalam beberapa pekan terakhir. Dalam enam pertandingan terakhirnya, Nainggolan mencetak lima gol dan menyumbangkan dua assist bagi I Giallorossi.

“Sulit untuk menemukan satu kata spesifik untuk Radja. Dia mungkin evolusi dari beberapa pemain sepakbola. Jika anda memiliki 10 Nainggolan, anda akan memiliki tim yang sangat kuat, terlepas dari berbagai peran,” ungkap Spalletti.

“Radja bisa menyesuaikan diri dengan apapun. Jika saya meminta dia untuk melakukan sesuatu, dia akan langung mengerti dan kemudian dia pergi dan melakukannya dengan lebih baik. Jika anda meminta lebih dari dia, dia akan pergi lebih jauh,” sambungnya.

Saking kagumnya dengan pemain yang punya darah Indonesia tersebut, Spalletti menyebutnya sebagai ‘sosok yang langka’ karena kemampuan serba bisanya.

“Saya bisa ibaratkan sebagai: jika anda punya bensin untuk berjalan 10 km, maka dia memberi anda cadangan untuk pergi dengan tambahan 2 km lagi dan mengisi bahan bakar. Bila anda menempatkannya di depan pertahanan, dia menggandakan kualitas di sana, dia bisa beradaptasi dengan banyak peran lainnya,” tambahnya.

“Dia penembak jitu, seperti yang kita lihat pada melawan Inter Milan, serta memburu seorang pemain di tepi area penalti. Biasanya jika seorang pemain melakukan satu hal, dia tidak bisa melakukan hal yang lain. Dia bisa menggiring bola, dia bisa berlari melewati 10 pemain, dia adalah ‘sosok yang langka'” tandasnya.