Liga Inggris Serba Serbi

MU Ungguli Barca dan Madrid sebagai Klub Paling Bernilai di Dunia

Sebuah riset baru saja dilakukan oleh perusahaan ternama dunia, KPMG dengan judul klub paling bernilai saat ini. Laporan KPMG ini menempatkan klub dari Inggris, Manchester United sebagai klub paling bernilai yang ada dimuka bumi sekarang ini.

Setan Merah diklaim memiliki nilai mencapai 3,004 miliar euro. Di posisi kedua ada Real Madrid yang bernilai 2,894 miliar euro dan Barcelona mengikuti dengan nilai 2, 688 miliar euro. Itu artinya Manchester United telah mengakhiri dominasi dua klub raksasa Spanyol tersebut dalam urusan tim terkaya atau pun bernilai tinggi.

Tak berhenti sampai diposisi ketiga saja, diposisi keempat ada Bayern Munchen dengan nilai 2,367 miliar euro dan Manchester City di posisi lima dengan 1,909 miliar. Arsenal, Chelsea Liverpool, Juventus dan Tottenham berturut-turut menggenapi sepuluh besar klub-klub paling berharga.

Sejatinya data KPMG didapat melalui sikap Manchester United yang sudah lebih dulu merilis angka pendapatan mereka. Setan Merah memperkirakan mereka akan mendapat pemasukan total sebesar 560 hingga 570 juta poundsterling. Mereka juga optimis akan bisa memecahkan rekor keuntungan mereka sebesar 191 juta euro.

Manchester United dikenal sebagai klub yang sangat aktif dalam mencari sponsor. Ed Woodward memberikan prioritas untuk mendapatkan pemasukan dari sisi komersial. Tercatat Setan Merah saat ini disponsori lebih dari 26 sponsor global, 10 sponsor regional, serta 28 sponsor partner.

Bukan itu saja, selain dapat pemasukan besar dari berbagai sponsor, Manchester United juga mendapatkan bayaran hak siar yang cukup tinggi. Nilai hak siar total premier League saja diperkirakan mencapai 8,3 miliar poundsterling saat ini. Itu artinya Manchester United mendapatkan tambahan yang cukup baik dalam menjaga kestabilitas finansial mereka.

Sebagai pembuktian bahwa dana Manchester United sangat lah banyak dan tidak ada habisnya, musim ini saja mereka sudah menggelontorkan dana besar dengan membeli sejumlah pemain baru termasuk merekrut Paul Pogba dari Juventus dengan predikat sebagai pemain termahal dunia saat ini.