Liga Inggris

Moyes Resmi Mengundurkan Diri Dari Sunderland

david moyesDavid Moyes memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan pelatih Sunderland, Senin (22/5/2017). Pria berusia 54 tahun tersebut tak bisa menyelamatkan The Black Cats dari bencana degradasi.

Moyes sendiri dipilih sebagai pengganti Sam Allardyce pada 2016/17, gagal mengangkat penampilan Sunderland. Sejak kompetisi bergulir, ‘Si Kucing’ tak berhenti meraih hasil minor sehingga finis di posisi terbarah dengan hanya mengumpulkan 24 angka dari 38 laga, dengan 26 kali tumbang.

Sunderland hanya menang enam kali, enam seri, dan 26 kali kalah dengan cuma 24 poin dikoleksi dari 38 laga. Sunderland pun terpaksa turun kasta ke Divisi Championship.

CEO Sunderland, Ellis Short, menyebut jika langkah mundur ditempuh secara pribadi oleh Moyes. Pelatih internasional Skotlandia tersebut juga bersedia hengkang tanpa diberi uang kompensasi sepeser pun dari klub.

“Saya memburu Moyes untuk waktu yang lama sebelum memilih dia pada musim panas lalu, sehingga keputusan dia untuk pergi terasa sulit untuk seluruh pihak yang bersangkutan,” ujar Short di situs resmi klub.

“Usai bekerja tanpa rasa lelah sepanjang musim untuk terhindar dari jurang degradasi Premier League, David memilih meninggalkan klub tanpa kompensasi, itu adalah bukti dari karakternya.”

“Berikutnya kami akan istirahat sejenak, lantas konsentrasi pada perekrutan dan menjalani pramusim sebagai persiapan menjalani musim Championship kami. Kami berdoa yang terbaik untuk masa depan David.”

Eks pelatih Manchester United itu membalas dengan melayangkan terima kasih kepada Sunderland, sambil berdoa agar mereka segera promosi lagi ke kasta tertinggi Inggris.

“Saya mengharapkan para pemain dan suksesor saya meraih yang terbaik dalam usahanya kembali promosi ke Premier League musim mendatang,” ujar eks manajer Everton dan Manchester United itu.