Berita Sepak Bola Serba Serbi

Mourinho Sebut Melatih Brasil Mungkin Saja, Namun…

Jose Mourinho telah dapatkan bermacam keberhasilan di tingkat klub. Sang manajer Manchester United tersebut tidak menutup peluang agak pindah ke tingkat yang lebih lagi yaitu internasional.

Sebagai seorang manajer di tingkatan klub, Mourinho telah raih bermacam titel bergengsi. Ia menjadi juara di Portugal (Porto), Inggris (Chelsea), Italia (Inter Milan), dan juga Spanyol (Real Madrid).

Berhasilnya tidak hanya di tingkat domestik saja. Pria yang berasa dari Portugal tersebut telah 2 kali raih titel Liga Champions bersama 2 klub berbeda, yaitu Porto dan Inter.

Usai berhasil di tingkat klub, ada peluang Mourinho akan cari tantangan baru di tingkat internasional dan membawa timnas raih gelar juara. Pria yang berumur 54 tahun tersebut tidak menutup peluang itu akan terjadi.

Namun Mourinho ikut katakan kalau ia inginkan pekerjaan yang lebih bisa bersantai setelah dari MU, tak tahu hal tersebut pada tingkat internasional atau klub. Saat diberi pertanyaan apakah si manajer tersebut ada rasa tertarik untuk pimpin tim nasional Brasil, ia mengatakan menjadi tantangan yang menarik namun amat sulit.

“Saya merasa dengan apa yang dilakukan di Manchester United, saya ingin sebuah pekerjaan yang makin mudah daripada Manchester United. Menjadi pelatih timnas Brasil mestinya terbilang makin berat,” ujar Mourinho.

“Tentu saja hal tersebut bakal menjadi menarik. Siapapun yang menjadi pelatih ingin bekerja bersama klub-klub paling oke dan dengan para tim oke pula. Brasil tentunya pemimpin atas keberhasilan, jelas soal kemampuan, tak peduli soal penerusnya, talenta terus hadir.”

“Namun saya perlu akui kalau hal tersebut pastinya tidak akan mudah. Di tiap orang Brasil pasti ada seorang pelatih, di tiap jurnalisnya ada seorang yang lebih oke dari si pelatih sesungguhnya. Saya anggap hal tersebut pasti menjadi sebuah negara yang tak mudah untuk dipimpin, namun juga negara yang isinya banyak dengan semangat,” kata dia.

Tim nasional Brasil pribadi belum pernah dipimpin sosok dari luar negara tersebut. Ini yang bikin Mourinho tambah yakin kalau menjadi pelatih tim nasional Selecao cuma para orang lokal.

“Saya sadar kalau timnas Brasil itu memang hanya ada pelatih yang berasal Brasil,” kata dia.

Brasil sekarang ini dipimpin oleh Adenor Leonardo Bacchi atau yang disebut dengan nama Tite. Neymar dan para rekannya adalah tim pertama yang masuk Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia.