Berita Sepak Bola

Mengenal Lebih Dekat Athletic Bilbao

Mengenal Lebih Dekat Athletic Bilbao
Mengenal Lebih Dekat Athletic Bilbao

Hingga tahun 2015 ini, ada tiga klub Spanyol yang tercatat sebagai klub la liga yang tidak pernah terdegradasi sejak liga Spanyol pertama kali digulirkan. Dua nama pertama mungkin bisa dengan mudah ditebak, yaitu Real Madrid dan Barcelona. Lalu siapa klub ketiga? Klub tersebut tak lain dan tak bukan adalah Athletic Bilbao. Klub asal daerah Basque ini, bersama Real Madrid dan Barcelona masih memegang rekor sebagai klub yang tak pernah terdegradasi sejak liga Primeria Spanyol digulirkan pada tahun 1929.

Kesuksesan Athletic Bilbao ini menjadi sebuah pencapaian tersendiri mengingat kekuatan financial Bilbao tak sebesar Real Madrid dan Barcelona. Dari sisi raihan trofi, Athletic Bilbao mempunyai prestasi yang tidak buruk-buruk amat. Dari ajang liga Spanyol, Bilbao telah berhasil mengkoleksi 8 gelar juara. Pencapaian tersebut sekaligus menempatkan Athletic Bilbao berada di urutan keempat sebagai klub yang paling sering menjuarai liga domestic teratas di Spanyol. Di ajang Copa Del Rey atau piala liga, capaian Bilbao cukup mengesankan. Total, Bilbao telah meraih 23 gelar juara Copa Del Rey.

Bilbao hanya kalah dari Barcelona yang telah mengkoleksi 27 gelar. capaian ini membuat Athletic Bilbao menjadi salah satu klub yang paling disegani di Spanyol. Athletic Bilbao berdiri pada tahun 1898. Hanya butuh waktu 6 tahun sejak Athletic Bilbao untuk meraih trofi pertamanya. Tepatnya pada tahun 1904, saat Bilbao mengalahkan Club Espanol de Madrid di ajang Copa Del Rey. Gelar juara liga Spanyol sendiri baru direngkuh Bilbao pada liga Spanyol musim 1929/1930. Gelar terakhir yang direngkuh oleh Athletic Bilbao didapat awal musim 2015/2016 ini setelah mengalahkan Barcelona di ajang Piala Super Spanyol.

Ada hal unik lain dari klub yang satu ini. Athletic Bilbao mempunyai kebijakan yang cukup unik dalam hal perekrutan pemain. Sejak berdiri, Athletic Bilbao hanya menggunakan pemain kelahiran Basque atau pemain yang mempunyai darah Basque. Kebijakan ini menjadikan Athletic Bilbao sebagai satu-satunya klub professional di dunia yang pemainnya asli dari daerah asal klub tersebut. Dengan kebijakan ini membuat Athletic Bilbao menjadi salah satu klub sepakbola paling unik di Eropa, dan disegani tidak hanya publik sepakbola Spanyol, tapi juga publik sepakbola dunia.