Liga Inggris

Manajer-manajer Yang Pernah Taklukkan Premier League

Sir Alex FergusonKompetisi Premier League musim 2016/17 sudah masuk pada tahap akhir dan Chelsea hampir dipastikan menjadi juara. Dengan demikian, Antonio Conte akan masuk dalam jajaran manajer yang berhasil menaklukkan kompetisi kasta teratas di Inggris.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 25 tahun, hanya ada beberapa manajer yang pernah meraih prestasi tertinggi Premier League. Conte tentu saja akan menjadi salah satu dari beberapa manajer yang mengangkat trofi pada akhir musim. Berikut ini beberapa nama manajer sebelumnya yang pernah memenangkang gelar Premier League

Sir Alex Ferguson
Manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson telah mememangkan sebanyak 13 gelar juara, dan menjadi yang paling banyak dibandingkan manajer lainnya dalam sejarah kompetisi Premier League.

Ditunjuk untuk menjadi manajer Manchester United setelah meraih kesuksesan bersama Aberdeen, Ferguson masih kesulitan dan tak bisa memenangkan gelar Premier League pertamanya untuk MU sampai musim 1992/1993.

Setelah menemukan racikan yang pas untuk MU, Ferguson langsung mendominasi Premier League selama bertahun-tahun bersama The Red Devils.

Tidak hanya berjaya di Inggris, Ferguson juga berhasil membawa MU mampu memenangkan treble pada tahun 1999, dengan memenangkan Liga Champions dan Piala FA dan Premier League dalam satu musim, dan meraih gelar liga tiga musim secara berturut-turut di musim 2007, 2008, dan 2009.

Kenny Dalglish
Lebih dikenal bersama Liverpool setelah memenangkan sembilan gelar sebagai pemain dan pelatih, Dalglish bergabung dengan Blackburn Rovers saat mereka masih berada di Divisi Dua.

Pria berkebangsaan Skotlandia itu mengantarkan Blackburn Rovers ke papan atas setelah memenangkan play-off pada tahun 1992 dan tiga tahun kemudian mereka berhasil memenangkan gelar Premier League usai mengalahkan Manchester United.

Dalglish kemudian mengundurkan diri sebagai manajer dan berganti posisi sebagai direktur sepakbola sebelum akhirnya hengkang dari Blackburn Rovers pada tahun 1996.

Arsene Wenger
Tidak terlalu dikenal saat direkrut untuk menjadi pengganti Bruce Rioch pada tahun 1996, Arsene Wenger datang ke Arsenal dari klub Jepang Nagoya Grampus Eight dan tampil sebagai salah satu manajer terbaik di Liga Inggris.

Pria berkebangsaan Prancis itu membuat perubahan yang amat signifikan di tempat latihan The Gunners, salah satunya dengan meningkatkan diet pemain dan level profesionalisme.

Wenger meraih sukses besar atas semua perubahan itu dan pada musim keduanya bersama klub London Utara itu dengan membawa Arsenal menjadi juara Premier League untuk pertama kalinya dan gelar pertama mereka sejak 1991.

Gelar liga Premier League kedua, dia dapatkan empat tahun kemudian dan pada tahun 2004, Wenger dan Arsenal meraih kesuksesan besar dengan meraih gelar Premier League tanpa menelan satu pun kekalahan.

Jose Mourinho
Jose Mourinho menjuluki dirinya sendiri sebagai The Special One saat pertama kali datang Premier League pada tahun 2004 usai memenangkan Liga Champions dan Piala UEFA bersama FC Porto.

Mourinho langung meraih prestasi di Inggris dan timnya memenangkan gelar Premier League pertama mereka, dan juga Piala Liga di musim debutnya. Dan mereka berhasil mempertahankan gelar liga pada musim berikutnya.

Namun, ketika The Blues sepertinya akan merajai Premier League, Mourinho justru terlibat cekcok dengan bos klub Roman Abramovich dan hengkang dari Stamford Bridge pada 2007.

Mourinho akhirnya datang kembali ke London pada tahun 2013 setelah melatih Inter Milan dan Real Madrid, dan meraih gelar ketiga pada musim keduanya sebelum dipecat pada tahun 2015 saat Chelsea terancam masuk di zona degradasi.