Berita Sepak Bola Liga Spanyol

Madrid Dipermalukan Barca Karena Terlalu Fokus Pada Messi

Lionel messiJika Mateo Kovacic disebut sebagai biang keladi gol pertama Barcelona, maka Zinedine Zidane seharusnya menanggung dosa yang sama. Perintahnya kepada Kovacic disebut menjadi celah.

Real Madrid dipermalukan oleh Barcelona 3 gol tanpa balas di Santiago Bernabeu, Sabtu (23 Desember 2017) malam WIB. Los Blancos sempat tampil apik di babak pertama dengan membuat Barcelona tertekan lewat pressing yang agresif.

Tapi di babak kedua, Los Cules mulai melihat celah, yang mengantarkan mereka pada gol pertama yang dibuat oleh Luis Suarez. Adalah komando dari Zinedine Zidane memerintahkan Mateo Kovacic untuk terus menjaga Lionel Messi, yang berhasil dimanfaatkan oleh Ernesto Valverde.

Gol Suarez diawali dari aksi Sergio Busquets membawa Barca keluar dari tekanan di area pertahanan. Bola diumpan kepada Ivan Rakitic yang lepas dari penjagaan. Di area tengah lapangan, Rakitic seharusnya sempat menghadapi Mateo Kovacic.

Tapi yang terjadi kemudian adalah, Mateo Kovacic justru pergi meninggalkan Rakitic dan berlari ke arah Messi. Hal ini membuat Rakitic sangat bebas berlari hingga memasuki barisan pertahanan El Real, hingga Raphael Varane merapat ke arahnya.

Namun, inisiatif Varane menempel Rakitic membuat Suarez berlari bebas tak terkawal, sementara bola diarahkan Rakitic ke Sergi Roberto di kanannya. Roberto lalu mengumpan bola kepada Suarez yang dalam posisi tidak terkawal dan berhasil memaksimalkannya menjadi gol.

Gol ini menjadi momentum Barca dalam pertandingan ini. Barcelona kemudian menambah keunggulan mereka pada menit ke 64 lewat titik penalti yang berhasil dimaksimalkan oleh Lionel Messi. Ada kesalahan pertahanan yang ditunjukkan Los Blancos dalam proses terjadinya penalti tersebut, yang tercipta akibat Carvajal nekat menghentikan bola masuk ke gawang dengan tangan.