Klasik Serba Serbi

Lima Pemain Paling Setia Di Klubnya

paolo maldiniBerpindah klub adalah hal yang umum bagi seorang pesepakbola jaman modern. Namun bagaimana jika bicara tentang kesetiaan?

Belakangan ini loyalitas adalah hal yang sulit didapat. Uang merupakan faktor terpenting di tengah-tengah melonjaknya banderol pemain. Namun uan sepertinya bisa kalah oleh kesetiaan sang pemain tehradap klub. Di tanah air, Choirul ada sosok Choirul Huda yang mempersemabhkan seluruh kariernya di Persela Lamongan.

Lalu bagaimana di ajang Eropa? Inilah daftar lima pemain yang menuntaskan kariernya di satu klub saja.

1. Carles Puyol

Carles Puyol menuntaskan seluruh karier sepakbolanya bersama Barcelona. Tetapi anehya, dia tidak ada dalam tiga nama top dengan jumlah penampilan terbanyak bersama raksasa Katalan. Ketika memutuskan untuk pensiun, status legenda sudah disandangnya. Total dia memberikan 20 gelar bersama Barca.

2. Paolo Maldini

Bisa melihat penampilan Paolo Maldini merupakan satu perjalanan tersendiri. Defender legendaris Italia itu punya bakat luar biasa dan serba bisa. Karena kecerdasan yang dia miliki iacuup jarang melakukan pelanggaran. Ia menorekan 902 penampilan bersama Il Diavolo Rosso dan membuat 33 gol yang menghasilkan 23 gelar juara.

3. Paul Scholes

Eks gelandang Manchester United ni kondang dengan kemampuan umpan-umpan akurat. Ia dinilai sebagai salah seorang gelandang modern di sepak bola Inggris. Bahkan fans The Red Devils menyandingkan namanya dengan pemain seperti Xavi dan Andrea Pirlo. Faktanya dia memang gelandang MU paling top di era modern.

4. Francesco Totti

Dengan nama besar yang dimiliki dia adalah sosok pemain yang sangat. Ia dinilai sosok istimewa berkat loyalitasnya. Padahal di Serigala Ibukota Totti cuma bisa memberikan lima trofi saja. Akan tetapi sekali lagi kecintaan dan rasa hormat yang dia dapatkan ini tak terbatas angka.

5. Lionel Messi

Dan terakhir Lionel Messi. Walau dia belum mengakhiri kariernya, namun dengan kontrak yang ada saat ini hingga tahun 2021, ia diyakini akan menghabiskan kariernya di sana. Di usianya yang ke-30 tahun, La Pulga adalah pengumpul penampilan terbanyak ketiga di belakang Xavi dan Andres Iniesta. Hingga kini sudah 29 gelar ia sumbangkan.