Serba Serbi

Lima Blunder Paling Konyol Dalam Sepakbola

Robin ZentnerBlunder jika dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah kesalahan serius atau memalukan akibat dari kebodohan, kecerobohan, atau kelalaian.

Jenis kesalahan ini banyak dilakukan para aktor lapangan hijau. Walau telah menjalani berbagai latihan keras dan menjalani pertandingan puluhan ribu jam atau memenangi ratusan caps di tim nasional, namanya kesalahan bisa saja terjadi.

Hal ini bisa disebabkan oleh kelelahan, kemampuan teknik, maupun mental yang sedang goyah. Dan simak berikut ini blunder paling konyol dalam dunia sepakbola :

1. Blunder kiper Malaysia di final SEA Games 2017.

Bisa dikatakan medali emas yang diraih Thailand dalam turnamen ini adalah “hadiah gratis” kiper Malaysia, Haziq Nadzli. Beruaya mementahkan bola hasil sepakbola Sasalak Haiprakhon, bola hasil tinjuannya justru masuk ke gawang sendiri.

2. Blunder dari jarak 27 meter.

Fankaty Dabo membuat gol blunder paling apes ke jala sendiri dari jarak 27 meter. Dalam tekanan pemai lawan, pebola yang di pinjam dari Chelsea oleh Vitesse ini berniat mengirim backpass ke kiper. Tapi sayang bolanya tak bisa dihalau kiper dan menghasilkan gol untuk lawan.

3. Gagal menendang bola.

Blunder pun juga dilakukan eks penjaga gawang Barcelona Victor Valdes. Kiper yang sekarang memperkuat Middlesbrough itu membuat kesalahan fatal ketika menghadapi Manchester United. Kesalahan bermula dari backpass Stewart Downing yang dikejar oleh bek Antonio Valencia. Tapi sayang Valdes justru terpeleset ketika ingin menendang, alhasil bola dicomot Valencia untuk menjebol jala Middlesbrough.

4. Bola tinggal ceplos.

Striker klub Serbia, Lokomotiva, Milan Djuricic, melakukan blunder terburuk dunia. Bahkan kesalahan yang dia lakukan menjadi viral di media sosial. Kesalahan itu terjadi dalam pertandingan antara Lokomotiva vs FC Turbin, Minggu (20/11/2016). Di laga itu, kans 100 persen mencetak gol gagal ia maksimalkan.

5. Tendangan siluman.

Aneh bin nyata. Ini mungkin blunder yang diperbuat penjaga gawang Mainz 05, Robin Zentner ketikamelawan Borussia Moenchengladbach di Stadion Borussia Park, Sabtu (4/11) lalu. Ia nampak linglung kala menguasai bola. Titik penalti yang dia kira sebagai bola ditendang, alhasil banyak orang menyebutnya menenang angin.