Piala Dunia Serba Serbi

Legenda Brasil: Keberuntungan Harus Mengikuti Messi dan Sampaoli untuk Juara Piala Dunia

Legenda hidup Brasil, Pele mencoba memberikan pandangan terkait masa depan Lionel Messi dan pelatih baru timnas Argentina, Jorge Sampaoli. Disini Pele mengatakan bahwa mereka akan membutuhkan keburuntungan agar Argentina bisa menjuarai Piala Dunia dimasa mendatang.

Messi bersama Argentina sempat merasakan gagal menjuarai Piala Dunia karena kalah dipartai final, tepatnya kalah tipis 1-0 pada 2014 dari Jerman lewat gol yang tercipta pada babak perpanjangan waktu di Rio de Janeiro, Brasil. Catatan ini menggenapi kegagalan mereka yang sebelumnya terjadi pada 1987 dan 1998.

Kini pada putaran baru yang akan diselenggarakan di Russia 2018, posisi Argentina untuk terbang kesana juga belum aman. Argentina masih menempati peringkat lima di klasemen kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL. Kualifikasi tersebut tinggal menyisakan empat laga, jika finis di posisi tersebut mereka harus menjalani play-off untuk lolos.

Demi meloloskan Argentina ke putaran Piala Dunia 2018 mendatang, Otoritas Sepakbola Tertinggi Argentina sampai harus mendatangkan Sampaoli dari Sevilla. Sang pelatih baru satu musim melatih di klub La Liga Spanyol itu sebelum menggantikan Edgardo Bauza sebagai pelatih tim nasional yang akhir bulan kemarin resmi dipecat.

Datang dengan modal sebagai pengantar Chile juara Copa America 2015, Pele berpendapat Argentina tetap akan bergantung pada keberuntungan untuk berjaya di turnamen besar bersama Sampaoli dan Messi.

“Tak perlu diragukan lagi, dia pelatih hebat. Dia memiliki visi yang baik,” jawab Pele untuk sosok Sampaoli.

“Argentina selalu diisi dengan pemain-pemain hebat, ini salah satu alasan saya tak mau melatih. Karena disana memerlukan sedikit keberuntungan. Terkadang Anda memiliki tim terbaik yang diisi para pemain bagus tapi kemudian Anda tidak menjuarai Piala Dunia,”

“Itu akan terasa sakit, karena Anda datang dengan penuh keyakinan dan berapa banyak yang telah Anda sakiti karena gagal mengantarkan tim menjadi juara.” tegas Pele.

Pele melihat sisi yang sama perihal pemain sekelas Messi, disini sang legenda menegaskan bahwa Messi pun juga butuh keberuntungan untuk bisa melengkapi prestasinya di dunia sepakbola sebagai juara dunia bersama timnas Argentina.

“Masih bisa diperbaiki, semua tergantung dari usaha, namun dia juga membutuhkan keberuntungan di momen yang sama untuk juara Piala Dunia,” tambah Pele.

“Menurut saya dia pemain hebat, untuk sosok penyerang saat ini, dia adalah yang hebat.” tutupnya.

Sampaoli sendiri sukses mencatatkan start bagus dengan memberikan dua kemenangan beruntun, dimana yang pertama terjadi pada laga debut dia berhasil menang tipis 1-0 atas Brasil dalam ajang uji coba di Melbourne Australia awal bulan ini dan berlanjut dengan membantai habis Singapura dengan skor telak 6-0.