Liga Italia Piala Dunia

Lawan Swedia di Kandang, Pirlo Ingin Italia Gunakan Formasi 4-3-3

Juara Piala Dunia 2006, Italia harus siaga 1 ketika mendapat hasil buruk dengan kalah satu gol dikandang Swedia pada leg pertama babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2018. Melihat kondisi ini, Andrea Pirlo memberanikan diri untuk memberikan wejangan kepada Giampiero Ventura untuk menggunakan formasi 4-3-3 di leg kedua yang akan digelar di San Siro, Milan.

Ventura sendiri dianggap melakukan blunder ketika dirinya merubah formasi 4-2-4 yang biasanya menjadi 3-5-2 berdampak buruk. Di Friends Arena, Solna, Gli Azzurri harus merasakan sakit gol tunggal dari kaki Jakob Johansson menit 61. Dan semakin buruk, ketika gelandang andalan Italia macam Marco Verratti mendapatkan kartu sekaligus absen dilaga leg kedua mendatang.

Jelang pertandingan leg kedua pada hari Selasa mendatang, Pirlo melihat Italia harus menggunakan formasi lebih ofensif dengan 4-3-3 dan formasi ini bagus karena mereka tidak akan bermain tanpa Verratti.

“Sunggung disayangkan Verratti dan kawan-kawan tidak bermain bagus. Dia menampilkan beberapa operan bagus di babak pertama, tapi kemudian hilang arah. Mungkin setelah kartu kuning itu dia jadi takut melakukan tekel, karena khawatir kartu merah. Dia tidak bermain dengan cara seperti yang biasa dia lakukan di PSG,” cetus Pirlo.

“Ketika saya berada diposisi pelatih, maka saya akan melakukan formasi lebih menyerang, bermain dengan sistem 4-3-3 untuk memberi ruang lebih bagi Lorenzo Insigne agar dia bisa melewati lawan di wilayah serang,”

“Kita lebih banyak kehilangan bola ketika dua penyerang bermain. Kita perlu melebarkan permainan ke sektor sayap agar bisa menekan mereka dengan jumlah yang ada.” tutup Pirlo.

Tertinggal satu gol, Italia diwajibkan menang dua gol tanpa balas jika ingin mendapat satu tiket langsung menuju Piala Dunia 2018 Rusia bulan Juni mendatang.