Berita Sepak Bola Liga Spanyol

Klausul Lionel Messi Nilai Fantastis, Ini Alasan Pihak Barcelona

Tingginya nilai klausal dari Lionel Messi pada kontrak anyarnya yakni sekitar € 700 juta diyakini oleh Ernesto Valverde sebagai solusi supaya peristiwa yang terjadi pada Neymar tak kembali terjadi di Barcelona.

Lionel Messi kini mempunyai klausul senilai Rp 11,2 trilyun. Sang pelatih Barcelona yakni Ernesto Valverde menilai hal tersebut dilakukan untuk menjadi bintangnya itu. Messi pada akhirnya resmi memperbarui kontraknya di Barca, yang awalnya akan usai di pertengahan tahun mendatang.

Messi memberikan tanda tangannya untuk kontrak anyar sampai di tahun 2021 yang lalu dengan klausul senilai € 700 juta atau sekitar Rp 11,2 trilyun, naik dengan pesat daripada kontrak awalnya yang hanya sekitar € 300 juta (Rp 4,8 trilyun).

Ernesto Valverde merasakan jika naiknya nilai klausulnya itu demi menjaga sang pemain andalan itu agar kejadian seperti Neymar terulang. Seperti yang diketahui, pemain Brasil tersebut pindah di musim panas yang lalu setelah PSG membeli klausul rilisnya sekitar € 222 juta (Rp 3,5 trilyun) dan menjadikan Ney sebagai pesepakbola termahal di dunia.

“Saya bukan dalam hal kontrak pemain kami. Namun, nantinya Anda akan tahu itu tinggi atau tidak. Hanya dengan apa yang sudah terjadi dengan pemain kami sebelumnya, semua itu demi menjaga pemain tetap bersama tim. Awalnya banyak yang menduga tak akan ada yang dapat membeli Neymar, tapi selanjutnya semua terjadi,” papar pelatih berumur 53 tahun tersebut.

Di sisi lain, presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengungkapkan jika kesepakatan kontrak baru Messi tersebut berubah walau mereka sudah pernah melakukan persetujuan di pertengahan tahun yang lalu.

Bartomeu menuturkan jika ini merupakan kontrak baru Messi yang sudah diperbaharui , padahal sebelumnya mereka sudah menyetujui kontrak di Juni yang lalu, namun kontrak ini lebih pas dengan keadaan kini yang selalu mendapat perubahan. Klausul dari € 300 juta menjadi € 700 juta.”