Liga Spanyol

Kesempatan Barca Jauhi Madrid di Papan Klasemen

Raksasa La Liga, Barcelona punya kesempatan menjauh dari kejaran Real Madrid, saat bertanding di jornada 37 La Liga Spanyol. Los Cules akan menghadapi lawan yang relatif lebih lemah pekan ini.

Barca dan Madrid jadi tim terdepan yang berpeluang merebut trofi, dengan keduanya sama-sama mengoleksi 84 poin. Bedanya, Barca yang jadi pemimpin klasemen dengan keunggulan secara head-to-head sudah bermain 36 kali, sementara Madrid baru sebanyak 35 kali.

Barca pun punya kesempatan untuk menjauh dari kejaran Madrid jika mereka bisa menang lawan Las Palmas, tim penghuni posisi 14, di Estadio Gran Canaria, Senin (15 April 2017) dinihari WIB.

Barca cukup diuntungkan sebab Lionel Messi dan rekan-rekan yang menang berturut-turut di lima pertandingan terakhir, akan berhadapan dengan tim yang justru belum menang di lima partai terakhirnya.

Barcelona tentu mengarapkan kontribusi maksimal dari Messi. Namun La Pulga cukup kesulitan menjebol gawang La Palmas, yakni baru mencetak satu gol dari tiga pertemuan. Namun dengan rekor selalu menang dari Las Palmas sejak 2015, harapan Barca menjauh dari Madrid cukup terbuka lebar.

Di saat bersamaan, Real Madrid justru akan mendapat lawan yang berat, Sevilla di Santiago Bernabeu. Januari lalu, Sevilla sukses mengalahkan El Real dengan skor 2-1. Sevilla sendiri saat ini berada di peringkat empat dengan koleksi 69 poin. Tim asuhan Jorge Sampaoli jelas masih berupaya menjaga kansnya tampil ke Liga Champions.

Dalam tiga pertemuan terakhir di seluruh kompetisi, Real Madrid hanya sekali menang dan imbang di dua pertandingan lainnya. Namun, mengingat Madrid yang sedang punya motivasi tambahan setelah lolos ke final Liga Champions, mengalahkan Sevilla jelas bukan hal yang mustahil.

Selain itu, dengan catatan Madrid yang belum terkalahkan di kandang, plus tren buruk Sevilla yang tak pernah menang di lima pertandingan tandang, membuat tiga poin lebih mungkin didapatkan oleh Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Pada pertandingan lainnya, Atletico Madrid akan mencari obat kekecewaan usai gagal menembus final Liga Champions dengan mengalahkan Real Betis. Laga ini akan diselenggrakan di Estadio Benito Villamarin.