Berita Sepak Bola Liga Jerman

Kenapa Akhiri Kerja Sama Dengan Tuchel, Dortmund?

thomas tuchel, dortmund

Thomas Tuchel terbilang suskes dalam kariernya sebagai pelatih Borussia Dortmund. Namun kedua belah pihak justru memilih untuk mengakhiri kerja sama.

Dortmund resmi berpisah dengan Tuchel selaku manajer utama di Selasa (30/5/2017) kemarin. Keputusan itu dibuat cuma 3 berselang usai Tuchel mengantarkan Die Borussen menjuarai DFB-Pokal.

Keputusan yang diambil Tuchel dengan Dortmund ini sejatinya tidak begitu mengejutkan. Sebab di beberapa waktu lalu, sang manajer sempat dikabarkan bermasalah dengan 2 petinggi klub, yakni CEO Hans-Joachim Waztke serta Direktur Olahraga Michael Zorc.

Lewat pernyataan terbuka yang dilampirkan dalam situs resmi Borussia Dortmund, pihak klub secara tidak langsung mengklaim bahwa memang terjadi pertengkaran.

“Publik mengkritik keputusan klub lantaran melepaskan Tuchel. Sebagai sebuah klub kami dapat mengerti hal itu. BVB terbilang sukses dengan Tuchel dalam 2 tahun terakhir, di mana kami bisa menggapai sejumlah bidikan kami,” ungkap Watzke.

“Tapi kami, Direktur Olahraga Michael Zorc dan saya sendiri, telah amat lelah menangani staf manajer. Memikul tanggung jawab Anda tak hanya sekadar mengenai hasil. Tidak ada bedanya di Dortmund dengan klub lainnya. Ini mengenai hal-hal kecil seperti kepercayaan, respek, relasi, kebenaran, identitas. Ini mengenai loyalitas.

“Di kondisi saat ini, kami tidak melihat titik awal buat sebuah proyek yang cemerlang di masa depan. Itulah alasan kami memilih untuk tidak meneruksna kerja sama bersama staf kepelatihan ini usai musim 2016/2017 berakhir.

“Untuk saya, ini bukanlah persoalan tentang apakah Anda bisa minum bir bareng, main kartu bareng, atau tidak. Kalau kami menyepelakan hal-hal ini, kami akan jadi orang yang buruk dalam membuat keputusan. Berdasarkan pandangan saya, perwakilan klub dan manajer tidak mesti jadi teman dekat.

“Relasi istimewa yang Zorc dan saya jalani bersama Juergen Klopp bukanlah standar relasi bersama Thomas Tuchel — dan takkan jadi standar buat pelatih baru Dortmund selanjutnya,” ungkap Watzke.

Di sisi lain, Borussia Dortmund sejauh ini belum memastikan siapa yang bakal menjadi pelatih baru untuk menggantikan Tuchel. Akan tetapi, sejumlah media gencar mengkait-kaitkan sejumlah kandidat seperti Lucien Favre (Nice), Julian Nagelsmann (Hoffenheim), Peter Stoger (Cologne), Niko Kovac (Eintracht Frankfurt), serta Peter Bosz (Ajax).