Berita Sepak Bola Liga Spanyol

‘Kartu Merah Pantas Dilayangkan Ke Navas’

Jornada 27 la Liga Spanyol baru saja memberikan banyak kejutan, salah satu nya adalah tim favorit juara musim ini, Real Madrid yang terlihat kesusahan dalam mendapatkan tiga poin sempurna. Anak asuh Zinedine Zidane tersebut bahkan sempat tertinggal lebih dulu sebelum kemudian bisa membalik kedudukan dikalah pertandingan berakhir dengan kemenangan Madrid 2-1 atas Real Betis.

Satu gol Betis hadir melalui kesalahan konyol Keylor Navas. Kiper asal Kosta Rika itu sebenarnya sudah bisa mengantisipaasi bola tendangan Sanabria, tapi kemudian bola lepas dan bergulir masuk ke gawangnya sendiri. Masuk di babak kedua, Cristiano Ronaldo menyamakan kedudukan bagi Madrid dan akhirnya Sergio Ramos kembali muncul sebagai super hero dalam memberikan kemenangan bagi tim nya.

Yang menjadi perbincangan banyak pihak adalah kejadian sebelum semua gol itu tercipta, dimana pada menit ke-22, ada satu insiden yang cukup kontroversial. Navas memberanikan diri keluar dari gawang nya untuk menghentikan pergerakan Brasanac. Navas gagal mendapatkan bola dan menjatuhkan Brasanac saat melakukannya. Brasanac sebenarnya sudah berusaha melompat melewati Navas tetapi kaki sang kiper sangat tinggi hingga menjatuhkannya. Dan seandainya kaki Navas tidak menghentikan laju sang pemain lawan, maka Brasanac akan bisa mengejar bola dan mencetak gol.

Seperti yang sudah ditetapkan oleh petinggi sepakbola dunia, FIFA pun sudah mengeluarkan putusan bahwa pergerakan yang menghentikan bola ketika pemain memiliki peluang besar mencetak gol maka hal itu bisa mendapat hukuman berat. Jika terjadi di dalam kotak penalti, maka hukumannya adalah kartu kuning bagi pelanggar dan hadiah penalti bagi lawan. Jika terjadi di luar kotak, maka hukumannya adalah kartu merah dan tendangan bebas.

Namun yang terjadi berbanding terbalik dengan peraturan yang sudah ada, dimana wasit yang memimpin pertandingan, Mateu Lahoz tidak melihat adanya pelanggaran dalam insiden itu. Navas pun bebas dari hukuman meski beberapa menit kemudian mencetak gol bunuh diri konyol.

Atas raihan tiga poin ini, maka Cristiano Ronaldo cs berhak kembali ke posisi puncak klasemen La Liga usai Barcelona kandas di kandang Deportivo La Coruna dengan skor tipis 2-1.