Liga Jerman

Kalahkan Dortmund Di Adu Penalti, Bayern Juarai DFL-Supercup 2017

Bayern MunchenDFL-Supercup 2017 menghadirkan laga antara juara DFB-Pokal 2016/2017, Borussia Dortmund dengan jawara Bundesliga 2016/2017, Bayern Munchen di Signal Iduna Park, Minggu (6 Agustus 2017) malam WIB. Bermain imbang 2 – 2 sepanjang waktu normal, Bayern Munchen akhirnya menang lewat babak adu penalti 5 – 4.

Borussia Dortmund membuka keunggulan lebih dulu lewat tendangan dari Christian Pulisic di menit 12, tapi keunggulan itu musnah setelah Robert Lewandowski mencetak gol balasan pada menit 18. Tim asuhan Peter Bosz kembali memimpin berkat gol Pierre-Emerick Aubameyang menit 71, tetapi Bayern lagi-lagi mampu membalas setelah sebuah kemelut di depan gawang membuat Lukasz Piszczek menciptakan gol bunuh diri pada menit 88.

Kegemilangan dari penjaga gawang Bayern Muenchen, Sven Ulreich menepis tendangan Sebastian Rode dan Marc Bartra di babak adu penalti memastikan Die Roten tampil sebagai kampium.

Pada DFL-Supercup edisi sebelumnya, The Bavarians menjadi juara dengan kemenangan 2 – 0 atas Die Borussen melalui gol-gol Arturo Vidal dan Thomas Muller. Kali ini, meski harus bekerja lebih keras, Robert Lewandowski dan kawan-kawan berhasil mempertahankan gelarnya.

Javi Martinez melakukan blunder yang membuat Pulisic bisa merebut bola yang kemudian membawanya ke dalam kotak penalti. Head to head dengan Ulreich, Pulisic sukses menyelesaikannya dengan sebuah finishing yang cemerlang. Pelatih Bayern Carlo Ancelotti terlihat marah di bangku cadangan.

Bayern Muenchen berhasil menyamakan kedudukan usai Lewandowski usai menyambar bola dari Joshua Kimmich yang lepas di sektor kanan. Sebelumnya ada yang protes karena menilai Kimmich berada di posisi offside, namun setelah dilihat di tayangan ulang Kimmich berada di posisi onside, gol pun disahkan dan skor sementara 1 – 1.

Borussia Dortmund kembali memimpin berkat gol dari Pierre-Emerick Aubameyang. Bermula dari serangan balik cepat, Ousmane Dembele mengirim through ball pada Aubameyang. Kiper mencoba menghalau, namun bola tetap masuk ke dalam gawang.

Hingga waktu normal berakhir, skor tetap imbang 2 – 2. Tak ada babak perpanjangan time. Laga langsung diteruskan ke babak adu penalti. Bayern Munchen akhirnya menang lewat babak adu penalti 5 – 4

Atas kemenangan ini, Bayern Muenchen kini menjadi tim yang memenangkan DFL-Supercup terbanyak. Bayern juara di turnamen ini sebanyak enam kali (1987, 1990, 2010, 2012, 2016, 2017). Mereka sekarang unggul satu atas Dortmund, yang jadi juara pada edisi 1989, 1995, 1996, 2013 dan 2014.